Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dian Sastro: Aku Ingin Orang Terbuka jika Punya Anak Berkebutuhan Khusus

Kompas.com - 25/08/2019, 15:16 WIB
Kurnia Sari Aziza

Editor

Sumber Antara

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Dian Sastro mengakui putra sulungnya, Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo berkebutuhan khusus dan terdiagnosis autisme

Dian pun mengungkapkan bagaimana cara menolong anak yang terdiagnosa autisme bisa mandiri secara sosial.

"Secara publik aku baru cerita sekarang. Aku mau kasih sharing positif kalau mau kasih pertolongan dia bisa mandiri secara sosial, akademis," kata Dian Sastro saat menghadiri konferensi pers "Special Kids Expo" (SPEKIX) 2019 di Jakarta, Jumat (23/8/2019), seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: 5 Upaya Dian Sastro Rawat Anaknya dari Autisme

Menurut Dian, seorang ibu cenderung memiliki insting spesial pada anak-anaknya, termasuk mendeteksi dini autisme.

Saat menemukan ciri-ciri tertentu seperti sang anak tidak bisa melakukan kontak mata dan tidak menunjukan atensi sosial, sebaiknya segera periksakan kondisi anak pada dokter anak.

"Langsung periksain, ini insting ibu. Suamiku masih denial sampai dua tahun kemudian. Setelah itu dia baru tahu (kondisi anaknya)," tutur Dian.

Baca juga: Cerita Dian Sastro Saat Putra Sulungnya Meraung-Raung di Sekolah

"Aku ingin orang terbuka saja jika anak punya kebutuhan khusus. Kalau kita tolong dari kecil, saat sekolah dasar dia sudah dianggap enggak terlalu berbeda sama anak lainnya," ujar Dian Sastro. 

Dian mengaku tak mudah mengasuh anak dengan autisme, salah satunya menghadapi tingkah janggalnya misalnya menepuk tangan berulang kali, memainkan satu mainan hingga tiga jam.

"Dulu rasanya kayak sedih. Aku ingin jadi orangtua ingin bonding sama anakku. Saat dia belum bisa komunikasi dengan baik. Kapan dia tahu aku sayang sama dia," tutur Dian.

Baca juga: Anak Autisme, Dian Sastro: Sinar Terang di Ujung Jalan Itu Ada...

Pada tahun-tahun pertama, dia masih berusaha mengupayakan diri dan keluarganya kuat. 

Menurut dia, dukungan dari lingkungan terdekat, yakni keluarga berperan besar untuk tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus

"Aku manage kekuatan orang-orang di sekitar. Aku tenangin diri, "memang begini kok", "aku masih proses edukasi. Enggak apa-apa memang ini lelah," kata Dian.

Baca juga: Dian Sastro Tahu Putranya Berbeda karena Sekolahkan Anak Lebih Awal

Putra pertama Dian kini sudah berusia delapan tahun dan perkembangan kemampuannya semakin baik baik secara akademis maupun sosial karena sudah melalui terapi mulai dari okupasi hingga bicara.

Shailendra kini sudah mampu melakukan berbagai hal yang dulu dia tak bisa lakukan, misalnya berkomunikasi dan berargumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com