Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tahun Digarap, Film "Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck" Siap Tayang

Kompas.com - 19/11/2013, 22:09 WIB
Ichsan Suhendra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Film Tenggelamnya Kapan Van Der Wijck yang diadaptasi dari novel karya Buya Hamka siap ditayangkan. Soraya Intercine Films selaku rumah produksi butuh waktu lima tahun untuk memproses novel terbitan 1939 itu.

Observasi, proses pra-produksi, casting, sampai penulisan skenario dimulai dari tahun 2008. Sunil Soraya selaku produser dan sutradara bahkan sempat ragu film ini akan dirampungkan.

"Enggak tahu film ini bisa apa enggak karena kan cukup ribet," cerita Sunil saat berbincang di kantornya di kawasan Wahid Hasyim, Jakarta, Selasa (19/11/2013).

Ia mengaku menemui beberapa kesulitan, seperti membangun suasana di tahun 1930. Selain itu ia juga ingin menjaga keaslian cerita dengan membagun Kapal Van Der Wijck.

"Skenario butuh 2 tahun, riset tentang kapal sampai ketemu blue print yang ternyata ada di Belanda itu habis 3 tahun," paparnya.

Proses produksi berlangsung selama 6 bulan. Rencananya film dengan durasi selama 2 jam 45 menit itu akan tayang pada 19 Desember dengan bintang utama Herjunot Ali, Pevita Pearce, dan Reza Rahadian. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com