Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

James Cameron Menantang Lautan

Kompas.com - 13/08/2014, 21:42 WIB
LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Sutradara pemenang Oscar, James Cameron, berpetualang ke bagian terjauh dari planet Bumi dan memenuhi impian masa kecilnya melalui film Deepsea Challenge 3D. Dalam film dokumenter ini Cameron memecahkan rekor luar biasa, menyelam tunggal ke bagian laut paling dalam.

Cameron masuk ke dalam kapsul untuk menyelam secara vertikal ke laut dengan kedalaman 10.908 meter atau lebih dari 10 kilometer. Sutradara yang bekerja untuk membuat film terlaris Titanic dan Avatar ini mencari lokasi penyelaman di Mariana Trench di Samudra Pasifik yang dikenal sebagai bagian laut terdalam di dunia.

"Keingintahuan merupakan bagian terpenting dalam hidup," kata Cameron (59).

Untuk keperluan film ini, dia memiliki tim ahli untuk mendesain dan membuat peralatan selam ke laut dalam, memotret beragam makhluk laut, dan mengumpulkan contoh penelitian untuk ilmuwan.

"Hal paling menyenangkan buat saya dalam bekerja ini ada banyak hal seperti melakukan rekayasa teknologi dan aktivitas fisik serta menemukan makhluk lain yang belum pernah dilihat manusia," kata Cameron selepas peluncuran film tersebut di New York seperti dikutip Reuters.

Peluncuran itu menandai diputarnya film baru Cameron di bioskop-bioskop Amerika Serikat

Penyelaman pada 2012 merupakan puncak dari proyek untuk merealisasikan fantasi masa kecil Cameron. Proyek itu dijalankannya selama tujuh tahun. Ia tergerak menjelajahi kehidupan bawah laut setelah membaca kisah oseanograf Perancis, Jacques Cousteau, dan juga terinspirasi kisah marinir AS, Don Walsh, serta oseanograf Swiss, Jacques Piccard. Walsh yang mendampingi Cameron saat dia pertama kali menyelam.

Cameron mengaku gugup saat kapsul diturunkan dari kapal, memasuki kegelapan lautan yang bergelombang hebat selama penyelaman malam hari.

"Perasaan saya meluap-luap dan campur aduk," katanya. Ketika kapsul menyelam selama satu setengah jam di dalam lautan, Cameron berpikir mungkin ini adalah ide paling tolol yang pernah dia miliki. (Luciana Indriasari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com