Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua Dewan Juri IMA 2015 Paparkan Cara Menilai

Kompas.com - 21/05/2015, 17:57 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Ketua Dewan Juri Indonesian Movie Awards (IMA) 2015, Jujur Prananto, mengatakan bahwa ada mekanisme penilaian yang digunakan oleh dewan juri ajang itu dalam menentukan para nomine dan pemenang pada kategori-kategori terbaik.

"Penilaian untuk kategori aktris dan aktor enggak beda jauh sama FFI (Festival Film Indonesia) zaman dulu yang jurinya terbatas," kata Jujur, yang juga penulis skenario, ketika diwawancara oleh Kompas.com melalui telepon, Kamis (21/5/2015).

Dalam menilai, kata Jujur lagi, semua juri dan pihak peserta IMA 2015 menonton secara bersama film-film yang ikut IMA 2015 untuk kategori-kategori terbaik. Setelah itu, masing-masing juri, yaitu dirinya, Benni Setiawan (sutradara film), Marcella Zalianty (aktris), Mathias Muchus (aktor), dan Aditya Gumay (sutradara film) akan memegang 10 kandidat untuk dinilai lagi terkait setiap kategori terbaik.

"Setelah nonton, mengajukan dan mencalonkan 10 besar. Nanti kan dipilih. Saya punya 10, Adit 10, Marcella 10, Muchus 10, Beni 10. Nanti kan ada yang sama tuh. Nah, yang paling bersinggungan paling banyak (diunggulkan oleh paling banyak juri), itu yang kami anggap yang oke (terbaik)," terangnya.

Namun, sesudah mendapatkan yang mereka anggap terbaik, itu belum merupakan hasil akhir yang resmi. "Cuma, itu pun setelah bersinggungan, belum tentu langsung pukul palu. Kami diskusikan lagi," sambungnya.

Bahkan, lanjut Jujur, jika seorang juri terlibat dalam film yang berkait dengan penilaian, juri bersangkutan harus walk out alias tak ikut menilai.

"Kalau kami terlibat dalam film itu, kami keluar," ujarnya.

Jujur memberi contoh, dalam melakukan penilaian terhadap artis peran Laura Basuki dengan aktingnya dalam film Haji Backpacker untuk kategori Pemeran Pendukung Wanita Terbaik, Jujur harus walk out. Asal tahu saja, Jujur merupakan penulis skenario film tersebut.

"Di produksi film itu saya enggak boleh terlibat. Saya keluar ruangan. Masuk-masuk sudah dipanggil dan dapat pemenangnya," ceritanya.

Sementara itu, menurut Jujur pula, untuk kategori Soundtrack Terfavorit ia dan para juri lainnya tak pernah dilibatkan.

"Nah, yang itu saya enggak tahu," ucapnya.

Dalam IMA 2015 ada tujuh kategori terbaik, yaitu Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik, Pendatang Baru Terbaik, Pemeran Anak-anak Terbaik, dan Pasangan Terbaik. Selain itu, ada lima kategori terfavorit, yaitu Film Terfavorit, Pemeran Utama Pria Terfavorit, Pemeran Utama Wanita Terfavorit, Pendatang Baru Terfavorit, dan Soundtrack Film Terfavorit. Dua penghargaan lainnya adalah Special Award dan Lifetime Achievement Award.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com