Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Helloween Nostalgia Lagu Metal di Jakarta

Kompas.com - 23/10/2015, 16:44 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Konser grup band power metal kawakan asal Hamburg, Jerman, Helloween, di Hall Basket Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (22/10/2015) malam berlangsung cukup meriah. Kedatangan Helloween ke Indonesia kali ini merupakan yang kali kelima.

Band yang terdiri dari Andi Deris (vokal), Michael Weikath (gitar), Sascha Gerstner (gitar), Markus Grosskopf (bas) dan Daniel Loble (drum) menggelontorkan repertoar mereka dengan apik malam itu sambil bermandikan tata cahaya yang sedap dipandang. Yang menarik, Helloween menyajikan lagu-lagu lawas mereka secara medley.

Menu medley mulai disajikan ketika Deris dan kawan-kawan selesai menyanyikan "Power", sebuah single hits yang membuat para penonton terus menunjukkan antusiasme mereka terhadap Helloween, entah itu dengan meloncat-loncat dengan tangan mengepal di atas ataupun bernyanyi dengan lantang.

KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Aksi band power metal Helloween di panggung Hall Basket Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (22/10/2015) malam.
Panggung tiba-tiba menjadi gelap. Intro lagu "Halloween" yang diambil dari album Keeper of The Seven Keys Part. 1 terdengar dan membuat para penonton bersorak dan bertepuk tangan. Satu persatu personel Helloween keluar dan mulai membawakan lagu yang memiliki atmosfer gelap nan horor tersebut.

Lagu selanjutnya adalah "Sole Survivor" yang mereka rilis pada 1994, disusul "I Can" dari era 1998. Helloween nampaknya ingin para penonton bernostalgia bersama dengan membawakan secara medley lagu-lagu yang dikemas berdasarkan urutan tahun rilis.

"Jakarta, kalian hebat malam ini!," seru Deris di sela-sela aksi medley.

Setalah "I Can", medley dilanjutkan dengan lagu "Are You Metal" yang diambil dari album 7 Sinners (2010). Spontan, lagu yang memang cukup akrab di telinga para penggemar Helloween tersebut sukses membakar kembali semangat para penonton. Tak henti-hentinya koor massal tercipta pada bagian lagu ini.

KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Basis band power metal Helloween, Markus Grosskopf, beraksi di panggung Hall Basket Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (22/10/2015) malam.
"Are you metal? Are you metal? Are you metal?," tanya Deris berulang-ulang usai lagu tersebut dibawakan.

"Yeah!" jawab para penonton dengan lantang.

Sajian lagu-lagu dari Helloween malam itu kembali belum habis. Masih ada "Keeper of The Seven Keys" yang yang didaulat menjadi penutup medley. Helloween bahkan terlihat puas dengan senyum terkembang di wahah masing-masing personelnya. Mereka membawa musik metal mereka ke Jakarta sedangkan para penonton mengeluarkan sisi 'metal' dalam diri mereka berkat repertoar yang disajikan oleh Helloween.

Sesudah medley lagu-lagu tersebut tuntas dilalap Deris dan rekan segrupnya di panggung, konser kemudian ditutup dengan dua lagu pamungkas yang populer yaitu "Future World" dan "I Want Out".

Penonton yang hampir dua jam dihajar oleh musik agresif nan bertenaga ala Helloween rupanya tidak menyerah begitu saja. Mereka justru tambah bertenaga mendengar musik Helloween mengantar mereka ke masa depan lewat "Future World”. Koor massal tecipta kembali.

KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Basis band power metal Helloween, Markus Grosskopf, beraksi di panggung Hall Basket Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (22/10/2015) malam.
"Jakarta, kalian tidak lelah? Tidak mau pulang?" tanya Deris di akhir lagu memancing para penonton.

"No," jawab penonton serempak.

"Itu berarti kalian ingin menyanyi bersama dengan lantang," pancing Deris lagi menuai sorak sorai penonton.

Sejurus kemudian, "I Want Out" dibawakan Helloween untuk menutup gelaran konser malam itu. Penonton yang kebanyakan berusia paruh baya pun terlihat seperti kembali muda. Senyum terkembang di bibir mereka atas nostalgia metal nan bertenaga bersama Helloween malam itu.

Sebagai informasi, penampilan Helloween di Jakarta malam itu merupakan bagian dari tur Helloween My God-Given Right Tour 2015. Sebelum ke Jakarta, mereka telah tampil di Australia. Pada 24 Oktober 2015 mereka akan manggung di Yogyakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com