Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Saipul Jamil Cari Informasi Sebelum "Nyoblos" Pilkada DKI

Kompas.com - 20/04/2017, 06:28 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berada di dalam penjara tak membuat artis dangdut dan terpidana kasus pencabulan Saipul Jamil ketinggalan informasi sebelum "nyoblos" calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada DKI Jakarta.

Saipul mengaku mengikuti informasi-informasi tentang pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta lewat televisi dan perbincangan bersama warga binaan lain di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 1 Cipinang.

"Saya nonton bareng-bareng (warga binaan) Tahu perkembangan Pilkada DKI dari televisi. Itu nonton di sela-sela beraktivitas jam 6.30 - 17.00 WIB," jelas Saipul kepada Kompas.com seusai memberikan hak suara di Lapas Klas 1 Cipinang, Rabu (19/4/2017).

Menurut Saipul, televisi tersedia di setiap blok-blok sel lapas. Ia mengatakan televisi bisa digunakan ramai-ramai bersama warga binaan lain.

"Jadi walaupun di dalam tahanan kita tak ketinggalan informasi, kabar-kabar terbaru. Koran bisa juga sih tapi kita kebanyakan dari televisi," ujarnya.

Selain itu, Saipul mengaku juga punya banyak teman diskusi terkait Pilkada DKI Jakarta.

"Masing-masing (warga binaan) punya pilihan, masing-masing punya pandangan terhadap pilihannya masing-masing," jelasnya.

Dalam perbincangan bersama warga binaan lain di lapas, Saipul juga bertukar informasi tentang program pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Saipul memberikan hak suara pada Pilkada DKI Jakarta di TPS 060 Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Cipinang, Jakarta, Rabu (19/4/2017) sekitar pukul 12.30 WIB.

Saipul mengenakan kaus berwarna merah, celana hitam, dan menggunakan sandal ketika memberikan suara. Ia tampak antusias ketika memasuki TPS 060.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com