Hanung dan Rachmawati Salah Paham, Kata Piet Pagau

Kompas.com - 29/09/2013, 14:41 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara film Soekarno: Indonesia Merdeka dilaporkan ke polisi oleh Rachmawati Soekarnoputri, putri Soekarno. Rachmawati menuding, namanya dicemarkan oleh Hanung, yang mengatakan bahwa Rachmawati mencari popularitas dengan melarang film tersebut diedarkan lantaran Hanung sudah menyalahi kesepakatan. Atas perselisihan itu, aktor kawakan Piet Pagau melontarkan pendapatnya.

Menurut Piet, antara Hanung dengan Rachmawati telah terjadi salah paham dan tidak perlu lahir perselisihan panjang apalagi sampai dibawa ke jalur hukum.

"Sebagai sutradara, Hanung harus dominan di dalam pemilihan pemain pendukung. Karena dia yang bakal menggarap mulai dari proses pembuatan naskah atau skenario hingga shooting di lapangan, sudah seharusnya dia diberi kepercayaan penuh di dalam memilih pemain," kata paman pembawa acara dan artis peran Raffi Ahmad ini dalam wawancara di Jakarta, Jumat lalu (27/9/2013). "Itu mutlak, meski perlu mendengar juga masukan dari pihak produser atau pihak yang melakukan kerja sama," kata Piet lagi.

Lanjut Piet, seharusnya Rachmawati bisa memaklumi langkah-langkah Hanung dalam menentukan siapa saja yang terlibat dalam film itu, termasuk pemeran utama dan pemeran pendukung.

"Yang terpenting, karya filmnya itu kelak bisa dipertanggungjawabkan. Sah-sah saja jika Hanung kemudian menolak intervensi, sekali pun dari pihak produser atau pemilik kerja sama lain," ujar Piet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.