Kutip Lirik "Perfect Day", "Tribute" Kardinal Vatikan untuk Lou Reed

Kompas.com - 29/10/2013, 01:16 WIB
Akun Twitter Giafranco Ravasi, Senin (28/10/2013), mengutip lirik lagu Twitter.comAkun Twitter Giafranco Ravasi, Senin (28/10/2013), mengutip lirik lagu "Perfect Day" sebagai penghormatan pada mendiang Lou Reed yang meninggal pada Minggu (27/10/13). Tweet itu lalu diikuti dengan kutipan dari Alkitab, untuk menepis intepretasi Ravasi memaafkan penyalahgunaan narkoba, seperti yang banyak ada pada bagian lirik lagu Reed.
|
EditorPalupi Annisa Auliani
VATIKAN, KOMPAS.com — Kardinal Gianfranco Ravasi, Menteri Kebudayaan Vatikan yang berumur 71 tahun, Senin (28/10/2013), memberikan penghormatan personal kepada penyanyi dan penulis lagu Lou Reed yang mangkat pada Minggu (27/10/2013).

Melalui akun Twitter, Ravasi menyampaikan penghormatan kepada Reed dengan mengutip salah satu lagu Reed yang paling terkenal. Meski demikian, Ravasi menegaskan kemudian bahwa dia tetap tak memaafkan setiap referensi penggunaan obat terlarang, seperti yang sebagian ada pada lirik lagu Reed.

Ravasi, warga asli Italia yang berumur sama dengan Reed, menuliskan tweet dukacita itu, Minggu (27/10/2013). Lirik lagu yang dia kutip dalam kicauannya merupakan bait ketiga dari Perfect Day. "Oh, it's such a perfect day/I'm glad I spent it with you/Oh, such a perfect day/You just keep me hanging on".

Lirik lagu tersebut selama ini mendapatkan banyak interpretasi. Mulai dari penggunaan obat terlarang sampai kisah cinta yang sederhana. Demi menepis dugaaan Ravasi memberikan kelonggaran untuk interpretasi terkait obat terlarang, dia pun menulis tweet yang mengutip bagian Alkitab.

Kutipan Alkitab yang dipakai Ravasi bicara soal peringatan tentang "ilusi". Menurut Ravasi, Reed mengutip bagian tersebut ketika berbicara lewat lagunya tentang "menuai apa yang ditabur".

Ravasi adalah ahli kitab yang mewakili Gererja Katolik Roma untuk urusan terkait dunia seni, budaya, ilmu pengetahuan, bahkan soal ateis. Dia bahkan menyebut dia meyakini kekuatan budaya kontemporer.

Terkenal dengan hit Walk on the Wild Side, Reed meninggal di Long Island, New York karena komplikasi setelah menjalani transplantasi hati. Tema-tema lagu Reed banyak bercerita tentang kehidupan "bawah tanah" New York, termasuk soal penyalahgunaan narkoba, seks bebas, bahkan soal waria.

Perfect Day adalah hit solo Reed pada 1972 yang dibangkitkan lagi pada 1996 saat menjadi salah satu musik latar film tentang kecanduan heroin, Trainspotting. Lagu itu pun banyak dinyanyikan oleh beragam band papan atas, termasuk Duran-duran pada album keluaran 1995.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Versi khusus Perfect Day dengan suara Bono U2 dan David Bowie dijual sebagai single amal di Inggris dan menduduki puncak tangga lagu selama tiga pekan, pada 1997. Reed menyanyikan ulang lagu ini dalam album The Raven, pada 1993. Sementara itu, The Velvet Underground masuk Rock and Roll Hall of Fame pada 1996.



Sumber Reuters,,AP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X