Panglima TNI Datang ke Rumahnya, Iwan Fals Kaget

Kompas.com - 10/08/2014, 18:51 WIB
EditorAti Kamil
DEPOK, KOMPAS.com -- Artis musik legendaris Virgiawan Listanto (52), yang dikenal sebagai Iwan Fals, mengaku tidak menyangka Panglima TNI, Jenderal Moeldoko, bersedia menghadiri kegiatan Obrolan Penting Sabtu Ini (OPSI) di rumahnya yang asri di Leuwinanggung, Tapos, Depok, Sabtu (9/8/2014). Berkali-kali ia mengungkapkan kekagetannya di depan Moeldoko.

"Saya enggak nyangka Panglima mau dateng," ujar Iwan.

Dengan wajah sumringah, Iwan menyambut Moeldoko di halaman kediamannya, lalu sejenak berbincang di ruang tamu, sebelum naik ke panggung diskusi di halaman tempat tinggalnya.

Obrolan santai itu digagas oleh Orang Indonesia (OI), organisasi payung para penggemar Iwan Fals. Dalam kesempatan itu Iwan mengungkapkan pula hubungan dekatnya dengan TNI sebagai putra seorang anggota TNI.

"Ayah saya TNI, tapi saya lari dari rumah karena tidak tahan dengan kerasnya didikan Bapak", ujarnya.

OI mengundang Panglima TNI, Jenderal Moeldoko, untuk menggandeng tentara mengampanyekan kesadaran menjaga lingkungan dalam konser yang akan diadakannya pada 1 November 2014. Tidak  main-main, Iwan  menargetkan 4 juta orang akan menghadiri konsernya. Melalui konsernya, Iwan mengajak masyarakat untuk bersatu kembali, setelah memberi suara dalam Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2014.

Sementara itu, Moeldoko mengatakan bahwa tentara tidak bisa lepas dari musik. Sejak zaman dulu, ketika maju ke medan perang untuk bertempur, mereka diiringi oleh suara genderang. Bagi seorang prajurit TNI, lagu juga menjadi pemompa semangat untuk bertugas. Untuk itu Moeldoko pun tak segan menyanyikan lagu yang wajib dihafalkan oleh setiap anggota TNI.

Jenderal itu lalu menyanyikan lagu, "Tinggalkan ayah tinggalkan ibu,  izinkan kami pergi berjuang, di bawah kibaran Sang Merah Putih, majulah ayo maju menyerbu, serbu."

Dalam kesempatan itu, mantan Pangdam Siliwangi tersebut juga menghargai Iwan sebagai artis musik. Ia menyebut Iwan seorang empu. Menurut Moeldoko, Iwan ikut berperan besar dalam kehidupan TNI. Dalam kegiatan-kegiatan TNI, nyanyian Iwan yang berjudul Kemesraan, karya Franky Sahilatua dan Johnny Sahilatua, menjadi lagu penutup yang menyatukan para anggota TNI. (Fajar Anjungroso)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.