Oppie Andaresta Merasa Keren Bisa Berwisata ke Museum

Kompas.com - 18/04/2015, 14:18 WIB
|
EditorIrfan Maullana
JAKARTA, KOMPAS.com -- Museum dan lokasi bersejarah adalah tempat jalan-jalan yang keren. Setidaknya inilah salah satu misi artis musik Oppie Andaresta (44) membiasakan anaknya, Kai Matari Bejo Kaler untuk mengunjungi tempat-tempat sejarah.

"Saya bangga ajak anak saya naik Transjakarta ke Kota Tua dan saya foto-foto terus saya upload ke Facebook dan media sosial lainnya. Saya mau kasih tahu, hari gini ngajak anak-anak visit ke tempat-tempat bersejarah itu cool. Kalau mall, udah biasa," ucapnya dalam wawancara di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta Pusat, Kamis (16/4/2015) malam.

Istri Kurt Kaler ini mengatakan, pusat budaya museum atau tempat bersejarah lain bisa dijadikan sebagai pusat belajar untuk anak-anak. Karena itu Oppie mengajak para orangtua untuk sedini mungkin membiasakan buah hati mereka berwisata sejarah.

"Justru sekarang anak-anak generasinya saya udah mulai melek. Jadi ibu-ibu muda udah mulai melek bahwa tempat-tempat bersejarah itu adalah hal yang sangat menarik," kata Oppie.

Tetapi ia tak bisa menampik kalau tampilan museum-museum di Indonesia terlihat kaku, sehingga terkesan kurang menarik minat anak-anak. Menurut dia, hal ini menjadi tantangan buat pemerintah atau pengelola museum.

"Nah itu dia. Museum di Indonesia cara mereka menyajikannya memang membosankan gitu kan, sorry to say ya, saya kan udah ke museum New York terus kemaren saya ke museum di Mesir. Cara mereka men-treatment itu menarik gitu lho dan itu jadi obyek wisata. Jadi kita harus seperti itu," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.