Alasan Sutradara Pilih Ardian Archard Jadi Ali Topan

Kompas.com - 24/05/2015, 16:04 WIB
Penulis novel Ali Topan Anak Jalanan, Teguh Esha (kiri), hadir dalam jumpa pers praproduksi film Ali Topan Anak Jalanan bersama Ardian Archard (pemeran Ali Topan), produser Ikaruz Wulan, serta sutradara John de Rantau, di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan, Jumat (22/5/2015). KOMPAS.com/YULIANUS FEBRIARKOPenulis novel Ali Topan Anak Jalanan, Teguh Esha (kiri), hadir dalam jumpa pers praproduksi film Ali Topan Anak Jalanan bersama Ardian Archard (pemeran Ali Topan), produser Ikaruz Wulan, serta sutradara John de Rantau, di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan, Jumat (22/5/2015).
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Film Ali Topan Anak Jalanan (1977), yang dibikin berdasarkan novel berjudul sama karya Teguh Esha, akan diproduksi lagi. Untuk pemeran Ali Topan, sang sutradara Ali Topan Anak Jalanan versi baru, John de Rantau, memilih Ardian Archard. Ardian belum pernah main film layar lebar, meski ia pernah tampil dalam film pendek.

"Untuk pemeran Ali Topan, pilihan saya jatuh ke Ardian. Dia ini mahasiswa perfilman IKJ (Institut Kesenian Jakarta)," kata John dalam wawancara sesudah jumpa pers praproduksi film Ali Topan Anak Jalanan di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan, Jumat lalu (22/5/2015).

John beralasan bahwa pilihannya itu untuk benar-benar memunculkan spirit Ali Topan.

"Sebuah film memungkinkan kita untuk memperkenalkan aktor-aktor yang benar-benar baru atau gres. Saya tidak mau tokoh Ali Topan ditebengi oleh aktor yang sudah punya nama. Kalau diperankan oleh aktor yang sudah punya nama, saya takut tokoh Ali Topan-nya tidak muncul, karena terjebak oleh image aktor-aktor tersebut. Makanya, saya pilih Ardian, yang benar-benar baru. Saya harap Ardian jadi icon baru sebagai seorang Ali Topan," ujarnya.

Menurut John, secara fisik dan soul Ardian memenuhi kriteria untuk memerankan sosok tersebut.

"Saya ngelihat sosok Ardian dulu. Fisik dan anatomi tubuhnya pas, lalu baru saya cari soul-nya. Umurnya juga pas. Lagipula, dia tidak asing dengan film karena juga pernah jadi pemeran utama dalam film pendek yang dibuat di kampusnya," tutur John.

"Saya yakin syarat-syarat untuk perankan Ali Topan ada dalam diri Ardian," imbuhnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X