Cholil "Efek Rumah Kaca": Sulit Tulis Lagu tentang Sikap Anti-korupsi

Kompas.com - 16/06/2015, 15:13 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com — Band Efek Rumah Kaca (ERK) memiliki sejumlah lagu terkenal dengan lirik yang menyentil realita pada masyarakat. Contohnya, "Di Udara", lagu tentang tokoh hak asasi manusia, mendiang Munir Said Thalib, yang ada dalam album pertama ERK, Efek Rumah Kaca (2007). Namun, sang vokalis, gitaris, dan pencipta lagu, Cholil Mahmud, mengaku mengalami kesulitan dalam menulis lirik lagu mengenai sikap anti-korupsi.

"Korupsi ya, aduh susah banget buat lagu korupsi tuh. Maksudnya, yang gue ngerasa imbang gitu, sebagai lagu propaganda, tetapi juga bisa enggak propaganda, bisa dinikmati juga. Penginnya gitu, tetapi enggak bisa dapet yang ada di tengah-tengah (imbang)," kata Cholil dalam wawancara di Galeri Nasional, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Senin (15/6/2015).

"Misalnya, kayak lagu 'Di Udara' deh, gue bisa menganggap itu sebagai lagu propaganda untuk mendukung Munir, tetapi bisa juga sebagai lagu yang kita nikmati secara estetis doang," katanya lagi.

Ia juga tidak ingin menulis lirik lagu yang terdengar menggurui. Cholil memuji para pencipta lagu yang berhasil menulis lirik mengenai sikap anti-korupsi.

"Pengin (tulis lagu anti-korupsi), tetapi enggak bisa-bisa. Ampun, deh. Jadi, salut buat yang bisa," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.