Erwin dan Gita Gutawa Lahirkan DARR Generasi Kedua

Kompas.com - 30/09/2015, 11:15 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Pemain musik, pencipta lagu, aranjer, dan produser musik kenamaan Indonesia Erwin Gutawa (53) serta putrinya, penyanyi, pencipta lagu, dan produser musik Gita Gutawa (22), kembali menemukan anak-anak bertalenta di bidang musik sebagai generasi baru dalam program bernama Di Atas Rata Rata (DARR), yang antara lain berwujud album kompilasi. Menurut Erwin, ada dua hal yang berbeda pada generasi kedua ini dibandingkan dengan generasi pertama DARR.

"Kriteria dan standarnya (dalam audisi) sama. Bedanya, dulu kami rilis album dengan 13 anak, sekarang tujuh anak. Ya, tahun ini emang dapatnya segitu," kata Erwin dalam jumpa pers peluncuran album DARR 2 di Galeri Indonesia Kaya (GIK), Jakarta Pusat, Selasa (29/9/2015).

"Terus, dulu lagu-lagunya diaransemen ulang, kali ini kami memberanikan diri dari 10 lagu ada sembilan yang kami bikin khusus, yang liriknya kiranya cocok dan sesuai genre musik mereka," katanya lagi.

Erwin menerangkan, audisi DARR 2 dimulai setahun yang lalu dan digelar secara tertutup untuk menghemat waktu, karena program DARR dirancang untuk diadakan dua tahun sekali. Tahun ini, lanjutnya, kira-kira 400 anak dari berbagai wilayah di Tanah Air direkomendasikan kepada Erwin dan timnya oleh guru-guru vokal bersangkutan dan beberapa pemusik.

"Itu yang menyelamatkan kami. Mereka ngasih anak-anak yang keren-keren. Jadi, kami tinggal menemukan karakter. Kami enggak menemukan penyanyi fals dan asal-asalan," tuturnya.

Mereka adalah Lyodra (12) dari genre pop powerful, Kafin (11) dengan karakter vokal jazz, kakak-beradik Olive (14) dan Ola (13) membawa genre sweet pop, Rafi (11) dengan urban pop, Shaquilla (11) dari genre musik klasik, dan Nada (11) yang mengusung musik Melayu.

"Enak sih, karena musikalitas mereka udah bagus. Tantangan yang aku rasakan adalah, aduh bisa enggak ya dapat yang hebat-hebat lagi. Ternyata, kami bisa. Jadi, mungkin standar musik anak Indonesia sekarang udah lebih baik," ucap Gita.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.