Marvel Ungkap Alasan Komiknya Digemari Banyak Orang

Kompas.com - 07/04/2016, 20:12 WIB
Spider-Man marvel.comSpider-Man
EditorIrfan Maullana


JAKARTA, KOMPAS.com -- Marvel, salah satu penerbit komik terbesar asal AS yang melahirkan karakter ikonik seperti Spiderman, Iron Man, dan Fantastic Four, mengungkapkan alasan mengapa karya-karya yang diterbitkannya bisa digemari banyak orang.

"Sejak dulu Marvel selalu merefleksikan keberagaman," kata Jamie Turner, Senior Manager, Franchise Marketing & Development, The Walt Disney Company Southeast Asia dalam "Marvel Creative Day Out" di Binus Northrumbia School of Design Jakarta, Kamis.

Tokoh utamanya berasal dari latar belakang yang bervariasi, mulai dari Black Panther yang merupakan pria Afrika-Amerika hingga Ms Marvel, gadis remaja muslim Amerika.

Setiap orang bisa digambarkan sebagai pahlawan tanpa terpaku pada ras, gender atau agama tertentu.  Selain itu, Turner mengatakan kisah-kisah dalam komik Marvel selalu menggambarkan kehidupan yang tak asing bagi pembaca. 

Tiap karakter memiliki masalah yang dihadapi oleh banyak orang, misalnya Peter Parker alias Spiderman yang kerap ditindas saat remaja.

"Para remaja di tiap generasi bisa memahami fenomena itu," kata dia.

Kepahlawanan adalah salah satu unsur utama dalam kisah Marvel. Karakter utama akan beraksi dalam situasi-situasi sulit dan menegangkan.

"Karakternya dibuat agar penggemar merasa benar-benar ingin mendukung mereka," kata Turner.

Intensitas cerita yang tidak membosankan serta sulit diprediksi juga disebut sebagai daya tarik komik Marvel. 

"Banyak adegan aksi yang menarik hati pembaca," katanya.

Setiap cerita juga punya latar belakang yang mendalam sehingga pembaca bisa menyelami apa yang mendasari karakternya dalam beraksi.

Terakhir, Marvel juga selalu menyelipkan bumbu humor dalam cerita mereka, seperti terlihat dalam Ant-Man dan Deadpool yang tokoh utamanya tak melulu serius.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.