Ernest Prakasa: Rayakan Kebebasan dengan Bertanggung Jawab

Kompas.com - 18/08/2016, 07:08 WIB
Finalis Stand Up Comedy Indonesia musim pertama asal Jakarta, Ernest Prakasa, diabadikan usai menjalani wawancara di kantor Redaksi Kompas.com, Palmerah, Jakarta Pusat, Senin (28/11/2011). Program komedi itu ditayangkan setiap Sabtu mulai pukul 19.30 WIB di KompasTV. KOMPAS IMAGES/BANAR FIL ARDHIFinalis Stand Up Comedy Indonesia musim pertama asal Jakarta, Ernest Prakasa, diabadikan usai menjalani wawancara di kantor Redaksi Kompas.com, Palmerah, Jakarta Pusat, Senin (28/11/2011). Program komedi itu ditayangkan setiap Sabtu mulai pukul 19.30 WIB di KompasTV.
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Menurut artis peran dan komika Ernest Prakasa (34), kebebasan berekspresi sekarang jauh berbeda dari yang dulu.

Hal itu disampaikan oleh Ernest ketika memaknai 71 tahun kemerdekaan Indonesia, pada Rabu (17/8/2016).

"Sekarang kebebasan berekspresi sudah beda banget. Justru itu kita merayakannya dengan cara yang bertanggung jawab," katanya dalam perayaan ulang tahun ketujuh sebuah toko online, di Jakarta pada Rabu.

Lebih dari itu, sebagai figur publik, sutradara dan penulis skenario film Ngenest ini merasa memiliki tanggung jawab moral dalam mengekspresikan diri.

"Kalau dulu mau ngomong apa saja bebas, sekarang ada beban, ada tanggung jawab moral, ada anak kecil yang follow, ada anak remaja yang follow, jadi agak berat," ujarnya.

"Karena saat ini bukan hanya belanja yang bisa lewat online, tapi sosialisasi juga bisa lewat online, jadi bisa di-retweet, di-repost, oleh orang yang kita enggak kenal," tambahnya. (Arindra Meodia/B Kunto Wibisono)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.