Iwan Fals dan Kaum Milenial

Kompas.com - 11/09/2016, 16:00 WIB
Artis musik legendaris Iwan Fals tampil dalam konser 'Perayaan Karya' untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-55 di Pantai Carnaval Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (3/9/2016) malam. KOMPAS.com/IRFAN MAULLANAArtis musik legendaris Iwan Fals tampil dalam konser 'Perayaan Karya' untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-55 di Pantai Carnaval Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (3/9/2016) malam.
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Puluhan ribu penonton mengeluarkan telepon genggam ketika Iwan Fals menyanyikan lagu balada "Ibu" di Konser Perayaan Karya Iwan Fals di Pantai Carnaval Ancol, Jakarta, Sabtu (3/9/2016).

Selain merekam, pendaran lampu di telepon itu menambah sendu nuansa lagu.

Bisa jadi, di tahun-tahun dulu, penonton berbarengan mengacungkan korek api ketika Iwan memetik gitarnya sendirian menyanyikan lagu balada macam "Ibu" atau "Belum Ada Judul".

Pada konser pekan lalu itu, korek api adalah barang haram masuk arena.

Maka, lampu kilat di telepon adalah penggantinya. Toh, nyaris semua penonton kini punya telepon seluler.

Lewat perangkat itulah banyak penggemar Iwan kini menyimak lagu-lagu kesukaan mereka.

Ada yang menyimpannya dalam berkas mp3, ada juga yang mendengar lewat layanan streaming.

Virgiawan Listanto, nama lahir Iwan Fals, mulai menyanyi ketika format cakram padat (compact disc/CD) belum merakyat.

Dua album awalnya, Canda Dalam Nada dan Perjalanan, dari tahun 1979 muncul sebelum grup ABBA dari Swedia mengeluarkan album The Visitors (1982) yang konon merupakan album pertama di dunia dalam format CD.

Kini, ketika kaset makin dianggap sebagai barang antik, lagu-lagu Iwan Fals tetap berputar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X