Tompi Pamerkan Foto-foto Hasil Bidikannya

Kompas.com - 02/11/2016, 20:14 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi jazz Tompi menggelar pameran fotografi bertema "Chinese Ink" di Galeri Foto Oktagon, Gunung Sahari, Jakarta Pusat. Pameran tersebut akan berlangsung mulai 2 hingga 8 November 2016.

Tompi menjelaskan, tema yang diusungnya tersebut berawal dari persoalan rasisme atas suatu ras terhadap ras lainnya yang terjadi belakangan ini di Indonesia.

"Ide lahirnya pameran ini saya mikir mau bikin karya apa lagi ya? Lama mikir enggak ada idenya," kata kata pemilik nama lengkap Teuku Adifitrian itu saat dijumpai di Galeri Foto Oktagon, Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Rabu (2/11/2016).

"Tiga minggu lalu saya kepikiran bikin pameran saat nonton video yang ceritanya kok orang itu kayak Tuhan aja, nyalahin orang lain aja, dia tidak memperlakukan manusia sebagai manusia, dari situlah saya menelurkan protes (lewat pameran ini)," lanjut dia.

Semua foto yang dipamerkan merupakan hasil bidikan Tompi dengan menggunakan kamera analog. Ia mengusung potret totally dark atau hitam putih. Yang menjadi objek adalah ekspresi wajah manusia.

"Ini reality yang terjadi sekarang. Saya minta teman-teman yang Chinese dan mereka antusias. Kami cat hitam mukanya dan saya gunakan kamera analog," kata dia.

Ada sekitar 40 foto yang dipamerkan oleh penyanyi yang berprofesi juga sebagai dokter bedah plastik tersebut.

Selain itu, beberapa foto dokumentasi hasil jepretan Tompi lainnya juga dipajang. Salah satunya adalah pertunjukkan teater berlakon "Nyai Ontosoroh", yang dipentaskan di Gedung Kesenian Jakarta pada 25-26 Agustus 2016 lalu.

Foto itu menampilkan potret Reza Rahadian, Chelsea Islan, Happy Salma, dan Lukman Sardi ketika sedang berlakon.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.