Samsons Buka-bukaan soal "I Love You"

Kompas.com - 16/01/2017, 22:28 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup band Samsons baru-baru ini mengeluarkan single terbaru berjudul "I Love You" yang diberi sentuhan orkestra dari Budapest Scoring Symphony Orchestra.

Namun, ada fakta menarik yang dibeberkan oleh sang gitaris, Irfan Aulia Irsal. Apakah itu?

"Single kami 'I love You' ini sebenarnya ditulis bukan untuk ditambahkan orkestra di dalamnya. Malah ini sebenarnya cadangan, kalau misalnya ada waktu lebih direkam sekalian," ujarnya saat berkunjung ke Gedung Kompas Gramedia, Jalan Palmerah Barat, Jakarta, Senin (16/1/2017).

Bahkan, single tersebut, kala itu sebenarnya sudah menjadi master lagu cadangan Samsons. Namun, di tengah jalan Irfan dkk punya ide untuk memasukkan unsur musik orkestra ke dalamnya.

Semula hanya enam lagu lain yang akan diberi sentuhan strings, woodwinds, brass, dan perkusi. Tetapi, karena proses memasukkan aransemen orkestra untuk enam lagu lainnya lebih cepat selesai dari target waktu, maka dimasukkanlah lagu "I Love You".

KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Grup band Samsons mengenalkan single terbaru mereka yang berjudul 'I Love You' di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Barat, Jakarta, Senin (16/1/2017).
"Jadi kebetulan gue nulisnya waktu itu tujuh scoring piece. Lagu 'I Love You' ini justru enggak kami prioritasin. Jadi setelah bawa tujuh piece itu, ternyata masih kesisa waktu. Ya sudah mainin deh. Orkestranya mainnya cepet banget, jadilah lagu ini ditambahi orkestra," ujarnya.

Lagu yang awalnya hanya cadangan itu pun terpilih menjadi single untuk album kelima Samsons. Tetapi konsekuensinya, peluncuran single mereka yang semula direncanakan Oktober tertunda hingga Desember 2016.

"Itu fakta, baru sekali cerita nih. Jadi kami bikin dua video. Satu video lirik yang non-orkestra, nanti official video klipnya ada orkestranya," ujar Irfan.

"Awalnya kami coba cari orkestra terbaik di dunia. Salah satunya ada di Budapest orkestranya. Ya sudah kami kontak mereka dan ternyata dibales. Enggak sulit berkomunikasi sama mereka karena mereka juga welcome sama musisi luar Budapest," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.