"Pasoa & Sang Pemberani", Film Animasi Bikinan Murid-murid SMK

Kompas.com - 24/02/2017, 22:53 WIB
|
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sebanyak 38 murid SMK Raden Umar Said Kudus, Jawa Tengah, perempuan dan laki-laki, menggarap film animasi. Film itu berjudul Pasoa & Sang Pemberani dan berdurasi 25 menit.

Murid-murid kelas sembilan dan kelas 10 tersebut membutuhkan 15 bulan untuk menggarap proyek itu di RUS Animation, studio animasi bertaraf internasional yang dimiliki oleh SMK Raden Umar Said, hasil kerja sama dengan Djarum Foundation.

Selain dibimbing oleh para pengajar lokal untuk penggarapan film itu, mereka juga mendapat suntikan ilmu dari tenaga ahli profesional luar negeri. Salah satunya adalah Woody Woodman, yang bekerja untuk Walt Disney Animation Studio dan para animator Jepang.

Technical Advisor RUS Animation, Daniel Harjanto, mengatakan bahwa tujuan awal pembuatan film Pasoa & Sang Pemberani adalah untuk memberi sarana pembelajaran dan praktik pengaplikasian ilmu.

Para siswa diajak untuk memahami dan mampu mengerjakan semua tahap produksi dalam industri film profesional, dari praproduksi, produksi, hingga pasca produksi.

Daniel menilai bahwa anak-anak Indonesia memiliki bakat seni yang tinggi. Namun, lanjutnya,  kesempatan untuk menyalurkan bakat mereka belum tersedia banyak.

"Perkembangan di negara lain pesat. Kalau tidak dilakukan kita akan tertinggal. Ke depan kita bisa jadikan Indonesia sebagai sumber animasi di dunia," ujar Daniel dalam jumpa pers di CGV Cinemas Grand Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (24/2/2017).

Teknologi yang digunakan oleh para siswa itu di studio tersebut, menurut Daniel, tergolong yang terkini. Teknologi itu setara dengan teknologi yang dimiliki oleh Pixar dan DreamWorks.

"Teknologi yang digunakan sepadan dengan Pixar, DreamWorks, dan beberapa rumah animasi lain," ucapnya.

"Yang berat bagi kami adalah menyiapkan pembimbing dan mentor," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X