Addie MS: Industri Musik Indonesia Hadapi Cobaan

Kompas.com - 09/03/2017, 09:44 WIB
Pemusik Addie MS diabadikan di kediaman anak pertamanya, artis musik Kevin Aprilio, di Green Andara Residence, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Senin (29/6/2015) KOMPAS.com/TRI SUSANTO SETIAWANPemusik Addie MS diabadikan di kediaman anak pertamanya, artis musik Kevin Aprilio, di Green Andara Residence, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Senin (29/6/2015)
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Bertepatan dengan peringatan Hari Musik Nasional yang jatuh hari ini, Kamis (9/3/2017), konduktor dan komposer, Addie MS, mengajak masyarakat Indonesia introspeksi diri.

Sebab menurut dia, industri musik Indonesia tengah mengalami cobaan besar. Sementara, masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang belum selesai.

"Udah lama kita belum menyelesaikan pembajakan secara signifikan, kaset dibajak, CD, DVD dibajak. Eh tiba-tiba fisik hilang dari peredaran," kata Addie saat dihubungi Kompas.com, Rabu (8/3/2017) malam.

Gerai dan toko penjual album fisik tutup satu per satu. Musisi akhirnya mencari jalur alternatif agar bisa tetap menjual karya fisik. Tak sedikit yang akhirnya total beralih ke dunia digital.

[Baca: Peringatan Hari Musik Nasional, Industri Musik di Era Digital]

"Hanya ada gerai makanan atau minimarket. Ya itu lumayan menolong dari ketiadaan tempat jual musik," kata Addie.

Belum lagi, perkembangan teknologi dan internet yang justru memicu pihak tak bertanggung jawab semakin mudah membajak karya musik, tak terkecuali musik Indonesia.

Hal itulah yang ia sebut sebagai cobaan berat bagi industri rekaman.

"Digital music yang bikin proses copy dan bajaknya jauh lebih mudah. Sehingga masalah hak cipta jadi masalah, badai juga," kata Addie.

Penghargaan terhadap pekerja musik Indonesia kian menipis karena itu. Padahal membuat karya bukanlah hal mudah.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X