Polisi: Jika Ridho Rhoma Direhabilitasi, Proses Hukum Tetap Berjalan

Kompas.com - 28/03/2017, 18:12 WIB
Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Suhermanto (kanan), diabadikan di Polres Metro Jakarta Barat pada Selasa (28/3/2017). KOMPAS.com/SINTIA ASTARINAKasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Suhermanto (kanan), diabadikan di Polres Metro Jakarta Barat pada Selasa (28/3/2017).
|
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Suhermanto, menerangkan bahwa Ridho Rhoma (28) akan menjalani assessment untuk rehabilitasi pengguna narkotika yang diadakan oleh Tim Assessment Terpadu dari Badan Narkotika Nasional (BNN).

Proses itu mencakup pemeriksaan kesehatan dan kondisi psikologis serta wawancara.

"Nanti tim assessment terpadu akan memberikan rekomendasi tersangka ini bisa dititipkan di panti rehabilitasi atau dilakukan penanganan," kata Suhermanto ketika ditemui di Mapolres Metro Jakarta Barat pada Selasa (28/3/2017).

Suhermanto menerangkan bahwa, berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 25 tahun 2011, dalam proses penyidikan tersangka bisa dititipkan ke panti rehabilitasi jika ia termasuk dalam kategori pengguna dan medapat rekomendasi dari tim assessment terpadu.

Baca: Tiga Syarat Assessment Ridho Rhoma Disetujui Penyidik

Selain itu, meski tersangka direhabilitasi, proses hukum tetap berjalan.

"(Jika Ridho direhabilitasi) proses hukum, proses penyidikan tetap berjalan. Bukan berarti dititpkan di panti rehabilitasi, trus selesai, tidak. Proses hukum tetap berjalan.," tutur Suhermanto.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Unsur pidana tetap berjalan dan akan mendapatkan keputusan hakim. Tetap ada persidangan, nanti keputusan rehabilitasi di akhir," tuturnya lagi.

Selasa ini (28/3/2017), Ridho resmi mulai menjalani masa tahanan selama 20 hari.

Baca juga: Ridho Rhoma Resmi Ditahan

Polisi pun masih memburu dua orang lainnya yang masuk DPO (Daftar Pencarian Orang).

Jika mereka sudah tertangkap, baru tim itu bisa melakukan penyelidikan lebih lanjut, terutama terkait jaringan peredaran narkotika, khususnya di tempat di mana Ridho mendapatkan sabu.

Pada Sabtu lalu (25/3/2017) dini hari, di sebuah hotel di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat, Ridho ditengkap oleh polisi atas dugaan memiliki dan menyalahgunakan narkotika jenis sabu. Sampai sekarang ia masih ditahan di Mapolres Jakarta Barat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.