Djenar Maesa Ayu Mau Berakting Lagi karena Jadi Ibu Tiri Dian Sastro

Kompas.com - 31/03/2017, 17:06 WIB
Penulis novel Djenar Maesa Ayu hadir dalam acara peluncuran buku berjudul Plastic Heaven karya Hilbram Dunar, di Plaza Senayan, Jakarta, Kamis (8/12/2011). KOMPAS IMAGES/BANAR FIL ARDHIPenulis novel Djenar Maesa Ayu hadir dalam acara peluncuran buku berjudul Plastic Heaven karya Hilbram Dunar, di Plaza Senayan, Jakarta, Kamis (8/12/2011).
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Penulis Djenar Maesa Ayu mengaku lebih senang berada di balik layar meski ia sudah beberapa kali berakting dalam film. Namun, tawaran peran menjadi ibu tiri Kartini yang diperankan Dian Sastrowardoyo mendorongnya untuk kembali ke depan layar.

"Apalagi beberapa tahun terakhir memang saya lebih berkonsentrasi untuk membuat film. Tetapi saya percaya bahwa esensi hidup itu yang utama adalah belajar," kata Djenar dalam siaran pers.

Djenar berperan sebagai tokoh RA Moeryam, istri kedua pejabat pemerintah Raden Mas Aryo Sosroningrat dalam film Kartini.

[Baca juga: Hanung Bramantyo Hentikan Riset Film "Kartini"]

Penulis "Mereka Bilang Saya Monyet!" ini mengatakan, Moeryam adalah karakter perempuan tegas, kuat dan membela kehormatan kaum Hawa.

Namun, pada zaman itu satu-satunya jalan yang ia tahu untuk menaikkan martabat perempuan adalah menjadi Raden Ayu yang harus menikahi laki-laki berkedudukan baik.

Memerankan peran sebagai istri kedua seorang pejabat pemerintah merupakan peran yang tak terlupakan bagi Djenar.

"Kalau sebagai karakter, bisa dibilang ini bertolak belakang dengan apa yang saya yakini sehari-hari," ujar Djenar.

Dalam tulisan-tulisannya, Djenar menanamkan nilai kesetaraan pria dan wanita. Selain itu, perempuan juga tidak harus selalu bergantung pada lelaki.

Film ini juga dibintangi Dwi Sasono yang berperan sebagai suami Kartini, Raden Adipati Joyodiningrat.

Bahasa Jawa dalam dialog menjadi salah satu tantangan yang dihadapi Dwi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X