Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanung Bramantyo: Tujuan Film “Seteru” Bukan Tayang di Bioskop

Kompas.com - 29/04/2017, 19:34 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Film Seteru mulai ditayangkan di beberapa bioskop Tanah Air. Namun tujuan film yang dibiayai Kementerian Pertahanan ini bukan untuk tampil di bioskop.

“Bioskop itu etalase kapital , sehingga orang harus bayar. Tapi negara tidak boleh menjadi bisnis,” ujar sutradara Hanung Bramantyo kepada Kompas.com, Sabtu (29/4/2017).

Karena itu Seteru hanya diputar di beberapa bioskop untuk etalase. Tujuan utamanya, Seteru akan tayang di sekolah-sekolah di Indonesia.

Menurut Hanung, bila tidak tayang di bioskop lebih dulu, banyak anak muda yang akan bertanya ini film apa, kenapa tidak tayang di bioskop.

[Baca juga: Garap Film dari Kemenhan, Hanung Bramantyo Mendapat Amanah]

“Kalau tayang dulu, mereka akan berkata, oh ini yang kemarin tayang di bioskop ya. Yang penting tayang di bioskop, ada woro-woronya,” tuturnya.

Suami Zaskia Adya Mecca itu menambahkan, pemutaran di sekolah akan dilakukan setelah penayangan di bioskop.

Film Seteru menceritakan tentang tawuran dua sekolah yang terjadi turun temurun.

Sampai akhirnya pimpinan kedua sekolah sepakat menyerahkan pentolan tawuran di antaranya Martin Tan (Bio One) dan Ridwan (Yusuf Mahardika) ke Letkol Rahmat (Mathias Muchus) untuk dibina.

Kedua kelompok yang kerap berseteru ini pun akhirnya dimasukkan ke Batalyon Infantri 403 Wirasada Pratista di Kentungan, Yogyakarta. Mereka mendapatkan berbagai pembinaan terkait bela negara.

“Biar menarik pengemasan se-ABG mungkin, seseru, sepop mungkin. karena itu saya libatkan dua orang itu (Bio One dan Yusuf Mahardika),” tuturnya.

Proses pembuatan film menghabiskan waktu 6 bulan. Kesulitan film ini adalah menentukan angle apa yang akan difokuskan.

“Ketahanan nasional kan banyak sekali. Kita bisa buat film soal teroris, narkoba, apapun. Segala sesuatu yang membuat ketahanan nasional kita rapuh,” terangnya.

Akhirnya diputuskan mengambil cerita tentang tawuran SMA. Karena kasus tawuran antarsekolah, antarras, geng motor, berada di sekeliling kita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com