Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fadly "PADI" Berbagi Ilmu Aquaponik kepada Siswa SMA

Kompas.com - 12/08/2017, 13:26 WIB
Irfan Maullana

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Vokalis Fadly "PADI" tak pernah pelit untuk berbagi ilmu pengetahuannya tentang aquaponik, sistem pertanian berkelanjutan yang mengombinasikan akuakultur dan hidroponik dalam lingkungan yang bersifat simbiotik.

Pria bernama lengkap Andi Fadly Arifuddin itu meluangkan waktunya untuk mengajar di SMA 2 Makkasar, Sulawesi Selatan, tempat ia bersekolah dulu.

"Di sana saya sama murid-murid bikin aquaponik. Iya di SMA 2 (SMADA) Makassar," kata Fadly saat berbincang dengan Kompas.com di kawasan Ciledug, Tangerang, baru-baru ini.

Fadly menekankan bahwa tak ada alasan untuk menyimpan pengetahuannya seorang diri. Sebab, ia menyadari bahwa ilmu pengetahuan aquaponik tak mudah didapat. Ia sendiri mempelajarinya langsung di Australia.

"Saya ke Australia, belajar di sana. Di sana memang banyak yang sudah menerapkan aquaponik. Beda kalau di New Zealand, di sana justru lebih banyak ke peternakan ya," kata Fadly.

"Jadi anak-anak (siswa SMA) itu senang sekali dengan kegiatan ini," ucapnya lagi.

[Baca juga: Yoyo "PADI" Terserang Demam Fotografi]

Lanjut Fadly, sebenarnya di Indonesia sudah lama berkembang sistem yang serupa aquaponik.

"Di kita sudah ada sejak lama, sebenarnya. Mungkin pernah dengar istilah minapadi. Nah itu mirip dengan aquaponik," kata Fadly.

Fadly sendiri menerapkan aquaponik di kediamannya di kawasan Pondok Cabe. Sebagai warga Ibu Kota, menurut dia kegiatanan ini dapat menekan stres.

"Bikinnya mudah saja. Ada aquarium di rumah juga jadi. Tapi memang ini bisa buat refreshing, menanam sayuran selada, mengembangbiakkan ikan, hasilnya bisa kita nikmati sendiri, fresh," kata Fadly.

Di luar kegiatan berbagi pengalaman soal aquaponik, Fadly saat ini tengah sibuk dengan band PADI yang ia huni bersama Piyu (gitar), Ari (gitar), Rindra (bas), dan Yoyo (drum). Setelah sempat vakum pada 2011 lalu, kini mereka terlihat berkumpul bersama dan menyiapkan sebuah proyek yang masih dirahasiakan.

Penasaran? Tunggu kabar selengkapnya langsung dari PADI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com