Fadly "PADI" Berbagi Ilmu Aquaponik kepada Siswa SMA

Kompas.com - 12/08/2017, 13:26 WIB
|
EditorIrfan Maullana

TANGERANG, KOMPAS.com - Vokalis Fadly "PADI" tak pernah pelit untuk berbagi ilmu pengetahuannya tentang aquaponik, sistem pertanian berkelanjutan yang mengombinasikan akuakultur dan hidroponik dalam lingkungan yang bersifat simbiotik.

Pria bernama lengkap Andi Fadly Arifuddin itu meluangkan waktunya untuk mengajar di SMA 2 Makkasar, Sulawesi Selatan, tempat ia bersekolah dulu.

"Di sana saya sama murid-murid bikin aquaponik. Iya di SMA 2 (SMADA) Makassar," kata Fadly saat berbincang dengan Kompas.com di kawasan Ciledug, Tangerang, baru-baru ini.

Fadly menekankan bahwa tak ada alasan untuk menyimpan pengetahuannya seorang diri. Sebab, ia menyadari bahwa ilmu pengetahuan aquaponik tak mudah didapat. Ia sendiri mempelajarinya langsung di Australia.

"Saya ke Australia, belajar di sana. Di sana memang banyak yang sudah menerapkan aquaponik. Beda kalau di New Zealand, di sana justru lebih banyak ke peternakan ya," kata Fadly.

"Jadi anak-anak (siswa SMA) itu senang sekali dengan kegiatan ini," ucapnya lagi.

[Baca juga: Yoyo "PADI" Terserang Demam Fotografi]

Lanjut Fadly, sebenarnya di Indonesia sudah lama berkembang sistem yang serupa aquaponik.

"Di kita sudah ada sejak lama, sebenarnya. Mungkin pernah dengar istilah minapadi. Nah itu mirip dengan aquaponik," kata Fadly.

Fadly sendiri menerapkan aquaponik di kediamannya di kawasan Pondok Cabe. Sebagai warga Ibu Kota, menurut dia kegiatanan ini dapat menekan stres.

"Bikinnya mudah saja. Ada aquarium di rumah juga jadi. Tapi memang ini bisa buat refreshing, menanam sayuran selada, mengembangbiakkan ikan, hasilnya bisa kita nikmati sendiri, fresh," kata Fadly.

Di luar kegiatan berbagi pengalaman soal aquaponik, Fadly saat ini tengah sibuk dengan band PADI yang ia huni bersama Piyu (gitar), Ari (gitar), Rindra (bas), dan Yoyo (drum). Setelah sempat vakum pada 2011 lalu, kini mereka terlihat berkumpul bersama dan menyiapkan sebuah proyek yang masih dirahasiakan.

Penasaran? Tunggu kabar selengkapnya langsung dari PADI.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.