Ruben Onsu Wakili Julia Perez Jadi Duta Cegah Kanker Serviks

Kompas.com - 14/08/2017, 17:08 WIB
Ruben Onsu dan Sarwendah Tan  berpose usai menghadiri Peluncuran Kampanye Publik KICKS (Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks), di Hong Kong Kafe, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (14/8/2017). Kompas.com/Ira GitaRuben Onsu dan Sarwendah Tan berpose usai menghadiri Peluncuran Kampanye Publik KICKS (Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks), di Hong Kong Kafe, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (14/8/2017).
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com- Pembawa acara Ruben Onsu mengaku dirinya diminta mendiang Julia Perez untuk menggantikannya menjadi Duta Cegah Kanker Serviks.

Hal itu dikatakannya saat Peluncuran Kampanye Publik KICKS (Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks), di Hong Kong Kafe, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (14/8/2017).

"Saya dikasih tahu sejak Desember 2016. Saat bercakap dengan Jupe, dia sempat bilang enggak akan bisa datang ke acara ini, dia berharap saya bisa gantian dia," kata Ruben.

"Dia (Jupe) minta 'lo wakilin gue, jangan lupa sebut nama gue ya'. Karena waktu itu dia sedang sakit, saya iyakan apa aja yang keluar dari mulut dia," ungkapnya bercerita.

Suami dari mantan personil Cherrybelle itu mengatakan setelah kehilangan sang sahabat, dirinya menjadi sangat peduli terhadap penyakit tersebut.

"Menjadi duta cegah kanker serviks ini kan berdasarkan pengalaman yang terjadi dari sahabat saya sebenarnya," ujar Ruben.

"Karena buat saya, ini menjadi sesuatu yang konsen setelah saya kehilangan sahabat saya," sambung pria yang akrab disapa Bensu itu.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

[Baca juga: Keluarga dan Ruben Onsu Gagal Beri Kejutan untuk Julia Perez]

 

Ayah satu anak itu juga bercerita, saat dirinya menjadi orang pertama yang mengetahui sang pelantun "Belah Duren" itu menderita kanker serviks.

"Saat Jupe divonis kanker (serviks) saya orang pertama yang tahu. Saya kasih tahu Jupe gimana ngasih tahu orangtuanya, karena pada saat itu (kanker) menjadi shock bagi Jupe," tutur Ruben.

"Saya apalagi, saya hancur, sedih, melihat apa yang saya bayangkan. Tapi dia sahabat saya yang cukup bertahan lama," tambahnya.

[Baca juga: Amanat Julia Perez Kepada Ruben Onsu Sebelum Meninggal]

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X