Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruben Onsu Wakili Julia Perez Jadi Duta Cegah Kanker Serviks

Kompas.com - 14/08/2017, 17:08 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Pembawa acara Ruben Onsu mengaku dirinya diminta mendiang Julia Perez untuk menggantikannya menjadi Duta Cegah Kanker Serviks.

Hal itu dikatakannya saat Peluncuran Kampanye Publik KICKS (Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks), di Hong Kong Kafe, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (14/8/2017).

"Saya dikasih tahu sejak Desember 2016. Saat bercakap dengan Jupe, dia sempat bilang enggak akan bisa datang ke acara ini, dia berharap saya bisa gantian dia," kata Ruben.

"Dia (Jupe) minta 'lo wakilin gue, jangan lupa sebut nama gue ya'. Karena waktu itu dia sedang sakit, saya iyakan apa aja yang keluar dari mulut dia," ungkapnya bercerita.

Suami dari mantan personil Cherrybelle itu mengatakan setelah kehilangan sang sahabat, dirinya menjadi sangat peduli terhadap penyakit tersebut.

"Menjadi duta cegah kanker serviks ini kan berdasarkan pengalaman yang terjadi dari sahabat saya sebenarnya," ujar Ruben.

"Karena buat saya, ini menjadi sesuatu yang konsen setelah saya kehilangan sahabat saya," sambung pria yang akrab disapa Bensu itu.

[Baca juga: Keluarga dan Ruben Onsu Gagal Beri Kejutan untuk Julia Perez]

 

Ayah satu anak itu juga bercerita, saat dirinya menjadi orang pertama yang mengetahui sang pelantun "Belah Duren" itu menderita kanker serviks.

"Saat Jupe divonis kanker (serviks) saya orang pertama yang tahu. Saya kasih tahu Jupe gimana ngasih tahu orangtuanya, karena pada saat itu (kanker) menjadi shock bagi Jupe," tutur Ruben.

"Saya apalagi, saya hancur, sedih, melihat apa yang saya bayangkan. Tapi dia sahabat saya yang cukup bertahan lama," tambahnya.

[Baca juga: Amanat Julia Perez Kepada Ruben Onsu Sebelum Meninggal]

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com