Sejak Jadi Zaenab, Maudy Koesnaedi Lestarikan Budaya Betawi

Kompas.com - 30/08/2017, 18:52 WIB
Maudy Koesnaedi saat ditemui pada jumpa pers Konser Teatrikal Babe, Muka Kampung Rejeki Kota, di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (30/8/2017). Kompas.com/Ira GitaMaudy Koesnaedi saat ditemui pada jumpa pers Konser Teatrikal Babe, Muka Kampung Rejeki Kota, di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (30/8/2017).
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com - Semenjak berperan sebagai Zaenab dalam sinetron tahun 90-an, Si Doel Anak Sekolahan, artis peran Maudy Koesnaedi mengaku dirinya mulai mengenal dan menyukai budaya betawi.

Hal itu ia katakan saat diwawancarai usai jumpa pers Konser Teatrikal Babe, Muka Kampung Rejeki Kota, di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (30/8/2017).

"Saya mungkin sering disangka dekat dengan budaya betawi, sejak jadi Zaenab di Si Doel, lingkungan shooting betawi, dari situ saya jadi lebih hafal soal betawi, nyaman dengan budaya ini," kata Maudy.

Iapun mulai memperkenalkan unsur-unsur dalam kebudayaan betawi. "Berusaha mengangkat semua sisi yang bisa ditonjolkan di betawi, eggak cuma kerak telor, ondel-ondel, tapi ada tarian, silat, ya mungkin jalannya di sini," sambungnya.

[Baca juga: Surat Kecil Untuk Tuhan Obat Rindu Maudy Koesnaedi Berakting]

Ibu satu anak itu bercerita, dirinya pernah berjanji akan melestarikan budaya betawi saat mengikuti kontes Abang None Jakarta tahun 1993 lalu.

"Pas menang Abnon tahun 93, saya udah janji ingin membuat suatu kegiatan yang bisa melestarikan budaya betawi khususnya untuk generasi muda dan itu baru terealisasikan tahun 2009," ungkapnya bercerita.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kini, Maudy telah membentuk Teater Abang None yang konsisten mengangkat unsur-unsur budaya betawi sejak tahun 2009 lalu.

Konser Teatrikal Babe, Muka Kampung Rejeki Kota menjadi pementasan ke sepuluh yang digelar oleh Teater Abang None.

[Baca juga: Maudy Koesnaedi Menikmati Seni]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.