Joko Anwar Andalkan Ini untuk Film Pengabdi Setan

Kompas.com - 22/09/2017, 21:05 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Joko Anwar tidak mau asal dalam meramu film remake horor berjudul Pengabdi Setan.

Untuk membangun jalan cerita agar tersaji dengan penuh kualitas dan berbeda dari film horor lain, Joko mempunyai cara sendiri.

"Saya mengandalkan atmosfer ketimbang kaget-kagetan, dengar suara yang memekakkan telinga. Atmosfer horor sama kayak film aslinya," kata Joko saat menghadiri screening film Pengabdi Setan di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (20/9/2017).

Jika kebanyakan para sutradara mengandalkan CGI untuk menghasilkan sosok hantu yang menyeramkan, Joko tidak melakukannya.

[Baca juga: Cerita Joko Anwar tentang Rumah Pengabdi Setan]

Dia memakai jurus lama, yakni total make up. Apa pertimbangan Joko?

"Karena aku berpikir kalau kami bikin efek, make up, semua adalah practical, itu lebih organik. Organik itu lebih dekat dengan penonton," kata dia.

[Baca juga: Joko Anwar Pernah Menangis Gara-gara Pengabdi Setan]

"Kalau CGI orang tahu, ini bukan real danger, tapi cuma CGI. Tapi kalau organik, pakai practical effect, orang merasa kayak di situ selain untuk mengacu pada film asli," sambung dia.

[Baca juga: Joko Anwar: Bikin Film Remake Agak Susah]

Film Pengabdi Setan merupakan remake dari film berjudul sama yang tenar di era 1980-an. Film itu dibintangi oleh Tara Basro, Ayu Laksmi, Dimas Aditya, dan sederet pemain lainnya.

Rencananya, film tersebut akan serentak tayang di seluruh bioskop Tanah Air pada 28 September 2017 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.