Cerita di Balik Nama Kelompok Penerbang Roket

Kompas.com - 03/10/2017, 18:06 WIB
Kelompok Penerbang Roket (KPR) dalam sesi foto di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah, Jakarta, Selasa (3/10/2017). KPR dijadwalkan akan mengisi gelaran Synchronize Fest 2017. KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZESKelompok Penerbang Roket (KPR) dalam sesi foto di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah, Jakarta, Selasa (3/10/2017). KPR dijadwalkan akan mengisi gelaran Synchronize Fest 2017.
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com- Ada cerita menarik di balik nama grup musik Kelompok Penerbang Roket yang dihuni John Paul Patton atau akrab disapa Coki, Rey Marshall, dan Viki Vikranta.

Sejak dibentuk pada akhir 2011, tiga pria berambut gondrong itu sejak awal sudah bertekad]untuk memiliki karakter yang kuat sebagai band rock.

"Kami bikin konsep, karena kami enggak mau sekedar jadi band rock doang. Kami harus punya konsep yang kuat," kata Viki sang pemain drum kepada Kompas.com, di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan, Selasa (3/10/2017).\

Bermula dari satu tekad, satu konsep, melebar ke arah satu idola yang sama-sama mereka kagumi.

"Mencarter Roket" milik Duo Kribo (Ahmad Albar dan Ucok Harahap) yang tenar di era 70an menyatukan mereka menjadi grup band bernama Kelompok Penerbang Roket.

[Baca juga: Tiga Detik di Atas Panggung Menuju Keajaiban Kelompok Penerbang Roket]

"Terus kami bertiga sama-sama nasionalis, oke kami bertiga berkonsep untuk bangkitin lagi musik rock Indonesia, dan kami bertiga ngefans sama Duo Kribo, ada satu lagu Duo Kribo "Mencarter Roket' terinspirasi dari sana," tutur Viki bercerita.

"Kalau pake nama band udah basi ah, dan kebanyakan band bahasa barat gitu, kita pakai bahasa Indonesia apa ya yang artinya sama dengan band, kelompok, ya udah terus kami suka lagu duo kribo "Mencarter Roket", jadi Kelompok Penerbang Roket," lanjutnya.

Lepas dari Duo Kribo, Viki dan kawan-kawan membuat makna yang lebih dalam, terkait harapan mereka dalam berkarya di belantika musik Indonesia.

"Ada (filosofi), jadi Kelompok Penerbang Roket adalah kelompok yang menerbangkan roket keatas, roket tuh diibaratkan sebagai musik kami, kami kelompok yang menerbangkan karya kami ke atas, karena roket kan ke atas, ya setinggi- tingginya," ungkap Coki.

Diketahui, "Mencarter Roket", menjadi menu spesial yang akan disuguhkan KPR di panggung Synchronize Fest 2017 yang akan digelar di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Pada 6-8 Oktober 2017.

[Baca juga: Mengungkap Rahasia Bugar Kelompok Penerbang Roket]



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X