Gilang Ramadhan: Saya Tak Terbayang, "Skill" Kami Bisa Bangun Daerah

Kompas.com - 04/10/2017, 20:52 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemain drum Gilang Ramadhan (54) tidak pernah menyangka bahwa kemampuan bermusiknya bisa membangun sebuah daerah menjadi lebih berpotensi.

"Dulu tidak terbayang musisi itu skill-ya bisa membangun daerah. Dulu berpikirnya main musik saja," kata dia saat memberikan keterangan pers di Main Hall Gedung Bursa Efek Indonesia, SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (4/10/2017).

Lewat berbagai festival musik yang digelar di berbagai daerah itulah, kata Gilang, potensi daerah-daerah yang sebelumnya tak terjamah mulai ramai dikunjungi wisata.

[Baca: Maumere Jazz Fiesta Flores Kembali Digelar]

Dampaknya, menurut dia, adanya sebuah perkembangan dan mata pencaharian baru bagi penduduk setempat. Bagi turis domestik dan internasional, mereka akan mendapatkan pertunjukan musik sekaligus keindahan alam setempat.

Hal itu pun terjadi ketika Maumere Jazz Fiesta Flores berlangsung yang kedua kalinya. Tahun ini, akan digelar pada 27-29 Oktober 2017 di Gastrack Wairita, Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur.

"Di Indonesia sekarang banyak jazz festival, lebih dari 60-an dalam setahun. Dulu pulang dari Amerika banyak yang bilang 'Mau Main di mana di sini? (minim festival jazz)' Sekarang sudah banyak, malah semakin banyak lagi," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.