Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sapardi Djoko Damono Ikut Main Film Hujan Bulan Juni

Kompas.com - 27/10/2017, 22:12 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Sastrawan dan penulis buku Hujan Bulan Juni, Sapardi Djoko Damono turut menjadi pemain dalam film yang diangkat dari novelnya itu. Sapardi berperan sebagai ayah dari tokoh utama, Sarwono yang diperankan Adipati Dolken.

Hal itu ia ungkapkan saat berkunjung ke redaksi Kompas.com, di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2017).

"Dua hari sebelum saya main (film), dibilangin sama sutradara, 'nanti Pak Sapardi main', ya udah enggak bisa nolak, saya main sebagai bapaknya Sarwono," kata Sapardi.

"Ya kebanting dia, kasian yang jadi Sarwono, haha..tapi saya terima, dan memang prinsipnya pemain harus tunduk sama sutradara kan," sambungnya.

[Baca juga : Sapardi Djoko Damono Lahirkan Saudara Kandung Hujan Bulan Juni]

Pria kelahiran 20 Maret 1940 itu juga mengatakan dirinya mendapat bayaran lebih ketika ia diminta ikut bermain dalam film garapan Reni Nurcahyo Hestu Saputra itu.

"Jadi begini begitu sutradara minta (novel dibuat film) itu, oke saya dibayar berapa?, saya tidak mau terlibat sama sekali, kalau mau melibatkan saya bayar lagi, jadi ketika saya disuruh main ya bayar lagi," ujarnya.

Ia pun menambahkan, meski sebagai sang penulis novel, Sapardi tetap profesional ketika menjadi pemain.

"Seperti itu, jadi saya sama sekali tidak terlibat, bahkan ketika saya main saya mengikuti apa perintah sutradara," imbuhnya.

[Baca juga : Tulis Novel Hujan Bulan Juni, Sapardi Djoko Damono Hanya Butuh Enam Bulan]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com