Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Penyiar Terkenal AS Dipecat Karena Tuduhan Pelecehan Seksual

Kompas.com - 02/12/2017, 10:02 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com -- Dua penyiar terkenal AS dipecat mendadak karena tuduhan melakukan pelecehan seksual.

Penyiar televisi NBC Matt Lauer dan penyiar radio Minnesota Public Radio Garrison Keillor masuk jajaran figur publik terkenal yang kehilangan pekerjaan atau harus berjuang untuk mempertahankan karier politik atau pekerjaan karena tuduhan pelecehan seksual.

NBC memecat Matt Lauer beberapa jam sebelum ia menjalankan tugas sebagai pemandu acara pagi Today.

"Senin malam kami menerima rincian pengaduan dari seorang rekan mengenai perilaku seks tidak layak di tempat kerja oleh Matt Lauer. Setelah dipelajari secara cermat, yang terjadi jelas merupakan pelanggaran standar perusahaan," kata kepala bagian pemberitaan NBC, Andy Lack, dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Penyelenggara Piala Oscar Depak Produser Hollywood Harvey Weinstein

Lack mengatakan bahwa pengaduan itu merupakan pengaduan pertama yang diajukan terhadap Lauer selama 20 tahun ia menjadi pemandu acara Today.

Namun, NBC memutuskan untuk memecat Lauer dengan alasan NBC percaya bahwa pelecehan seksual oleh Lauer bukan kali pertama terjadi.

Baca juga: Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual, Kevin Spacey Meminta Maaf

Pada hari yang sama, Rabu lalu (29/11/2017) waktu setempat, Minnesota Public Radio memecat Garrison Keilor karena perilaku tidak layak.

Keillor dulu merupakan pemandu acara A Prairie Home Companion dan hingga Rabu lalu mengasuh acara sastra dan puisi harian, The Writer's Almanac.

Minnesota Publik Radio juga menghentikan siaran ulang Prairie Home Companion, yang diasuhnya. Acara itu akan diteruskan dengan pemandu baru, Chris Thile. (ds)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com