Dua Penyiar Terkenal AS Dipecat Karena Tuduhan Pelecehan Seksual

Kompas.com - 02/12/2017, 10:02 WIB
Pelecehan seksual SHUTTERSTOCKPelecehan seksual
EditorAti Kamil

NEW YORK, KOMPAS.com -- Dua penyiar terkenal AS dipecat mendadak karena tuduhan melakukan pelecehan seksual.

Penyiar televisi NBC Matt Lauer dan penyiar radio Minnesota Public Radio Garrison Keillor masuk jajaran figur publik terkenal yang kehilangan pekerjaan atau harus berjuang untuk mempertahankan karier politik atau pekerjaan karena tuduhan pelecehan seksual.

NBC memecat Matt Lauer beberapa jam sebelum ia menjalankan tugas sebagai pemandu acara pagi Today.

"Senin malam kami menerima rincian pengaduan dari seorang rekan mengenai perilaku seks tidak layak di tempat kerja oleh Matt Lauer. Setelah dipelajari secara cermat, yang terjadi jelas merupakan pelanggaran standar perusahaan," kata kepala bagian pemberitaan NBC, Andy Lack, dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Penyelenggara Piala Oscar Depak Produser Hollywood Harvey Weinstein

Lack mengatakan bahwa pengaduan itu merupakan pengaduan pertama yang diajukan terhadap Lauer selama 20 tahun ia menjadi pemandu acara Today.

Namun, NBC memutuskan untuk memecat Lauer dengan alasan NBC percaya bahwa pelecehan seksual oleh Lauer bukan kali pertama terjadi.

Baca juga: Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual, Kevin Spacey Meminta Maaf

Pada hari yang sama, Rabu lalu (29/11/2017) waktu setempat, Minnesota Public Radio memecat Garrison Keilor karena perilaku tidak layak.

Keillor dulu merupakan pemandu acara A Prairie Home Companion dan hingga Rabu lalu mengasuh acara sastra dan puisi harian, The Writer's Almanac.

Minnesota Publik Radio juga menghentikan siaran ulang Prairie Home Companion, yang diasuhnya. Acara itu akan diteruskan dengan pemandu baru, Chris Thile. (ds)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.