KPI Tegur Sinetron yang Dibintangi Natasha Wilona dan Verrell Bramasta

Kompas.com - 12/12/2017, 16:09 WIB
Logo Komisi Penyiaran Indonesia. -Logo Komisi Penyiaran Indonesia.
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat melayangkan teguran tertulis kepada sinetron Siapa Takut Jatuh Cinta.

Sanksi administrasi itu diberikan per 6 Desember 2017 dengan nomor surat 669/K/KPI/31.2/12/2017 berdasarkan Undang Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran.

"Berdasarkan aduan masyarakat, pemantauan dan hasil analisis, KPI Pusat telah menemukan pelanggaran pada Program Siaran "Siapa Takut Jatuh Cinta" yang ditayangkan oleh stasiun SCTV pada tanggal 27 November 2017 mulai pukul 18.00 WIB," tulis KPI pada laman kpi.go.id, seperti yang dikutip oleh Kompas.com, Selasa (12/12/2017).

Sinetron yang dibintangi Verrell Bramasta dan Natasha Wilona itu dinilai telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) KPI Tahun 2012 Pasal 9, Pasal 14 Ayat (2), Pasal 16 dan Pasal 21.

Baca juga : Beri Bukti Tidak Anti-program Sulap, KPI Tampilkan Demian Aditya

Siapa Takut Jatuh Cinta juga dianggap melanggar Standar Program Siaran (SPS) KPI Tahun 2012 Pasal 9 Ayat (2), Pasal 15 Ayat (1), Pasal 18 huruf k, dan Pasal 37 Ayat (4) huruf f.

"Program siaran tersebut menayangkan adegan seorang pria berjaket biru seakan sedang mencium bibir wanita berpakaian hijau. KPI Pusat menilai muatan tersebut tidak layak ditampilkan, terutama pada khalayak remaja," tulis KPI.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas ketentuan tentang norma kesopanan dan kesusilaan, perlindungan remaja, pelarangan adegan yang mengesankan ciuman bibir, dan penggolongan program siaran. Demikian agar surat sanksi administratif Teguran Tertulis ini diperhatikan dan dipatuhi. Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih," tambah pihak KPI.

Baca juga : Tanggapan Trans 7 soal Peringatan KPI pada Opera Van Java

Sebelumnya, sebuah foto cuplikan salah satu adegan dalam sinetron itu beredar di media sosial. Foto tersebut memperlihatkan seorang perempuan yang diduga mirip Wilona duduk bersebelahan dengan seorang lelaki diduga mirip Verrell.

Wajah si perempuan berambut panjang mengenakan t-shirt kuning tampak sangat dekat dengan wajah si lelaki yang mengenakan jaket berbahan jins.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.