Untuk Kampanye PBB, Livi Zheng Shooting dari New York hingga Bogor

Kompas.com - 04/01/2018, 14:10 WIB
Dokumentasi Livi Zheng saat shooting film Indonesia: A True Partner for World Peace di Sentul, Bogor. doc pribadiDokumentasi Livi Zheng saat shooting film Indonesia: A True Partner for World Peace di Sentul, Bogor.
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara Livi Zheng tengah menggarap sebuah film berjudul Indonesia: A True Partner for World Peace.

Layar lebar ini akan dipakai oleh pemerintah Indonesia untuk kampanye sebagai anggota Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK-PBB).

Lokasi shooting film tersebut dilakukan mulai dari New York, Amerika Serikat, hingga Jakarta dan Sentul, Bogor.

"Di Jakarta kami shooting di Kementerian Luar Negeri untuk mengambil gambar Menteri Luar Negeri, Ibu Retno Marsudi, dan gedung bersejarah Gedung Pancasila," kata Livi dalam keterangan tertulisnya kepada kompas.com, Kamis (4/1/2018).

[Baca juga : Livi Zheng Berbagi Cerita dalam Kirab Pemuda 2017 di Blitar ]

Sementara di New York, Livi melakukan pengambilan gambar di Markas Besar PBB dan di kantor Perwakilan Tetap RI (PTRI). Shooting itu melibatkan Perwakilan Tetap RI (PTRI) untuk PBB, Wakil Tetap RI, Duta Besar Dian Triansyah Djani dan tim PTRI.

"Sedangkan di Sentul kami shooting di Pusat Pemeliharaan Misi Perdamaian di Sentul bersama pasukan penjaga perdamaian TNI atau Kontingen Garuda TNI," ujar Livi.

Setidaknya ada 850 orang personel dari Batalyon Mekanis TNI untuk misi perdamaian dan keamanan di Lebanon (UNIFIL/United Nations Interim Force in Lebanon) yang dilibatkan.

Kemudian, ada 309 personel Satuan Tugas Koordinasi Militer Sipil dan Satuan Tugas Perlindungan atau "Force Protection Company".

[Baca juga : Livi Zheng Bicara tentang Bhineka Tunggal Ika di Washington DC ]

Selain itu, personil pendukung UNIFIL lainnya, yakni Satuan Tugas Masyarakat Militer atau Military Community Outreach Unit, Satuan Tugas Polisi Militer dan Satuan Tugas Kesehatan (Indo Medic), serta Satuan Pendukung Markas Besar Pasukan (Force Headquarters Support Unit) juga ikut serta.

"Kami kngin membuat sebuah film kampanye untuk Indonesia yang sinematik menggambarkan pengalaman dan kekuatan Indonesia," ujar Livi.

"Jadi, kami menggunakan teknik-teknik pengambilan gambar yang kami gunakan untuk layar lebar untuk menyampaikan sejumlah pesan. Pesan itu di antaranya bahwa Indonesia siap menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB,” sambungnya.

Livi menambahkan, ia bangga mendapat kesempatan menyutradarai film yang akan dipakai untuk kampanye pemerintah RI di Markas Besar PBB di New York, Amerika Serikat, dan di perwakilan Indonesia di seluruh dunia.

"Sebagai WNI, ini adalah sebuah kebanggaan. Harapan saya Indonesia akan menjadi anggota DK-PBB," kata Livi.

[Baca juga : Livi Zheng Garap Film Pendek dengan Standar Layar Lebar Hollywood]

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X