Sekolah di Amerika Serikat, Iqbaal Ramadhan Jadi Abu-abu

Kompas.com - 05/01/2018, 22:46 WIB
Iqbal Ramadhan saat menghadiri meet and greet Ruangguru di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Kamis (4/1/2018) malam. KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGIqbal Ramadhan saat menghadiri meet and greet Ruangguru di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Kamis (4/1/2018) malam.
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Dulu, penyanyi Iqbaal Ramadhan selalu melihat segala sesuatu hitam atau putih, benar dan salah.

Namun, pandangan remaja yang dikenal lewat boyband CJR itu kini berubah menjadi abu-abu sejak bersekolah di Amerika Serikat.

Iqbaal saat ini bersekolah di SMA atau pre-college Armand Hammer United World College, New Meksiko, AS, atas beasiswa program United World Colleges (UWC).

"Saya bersyukur bisa ke sana, bisa mengubah pikiran saya lebih open minded, bisa berpikir dari segala perspektif," ujar Iqbaal dalam wawancara di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Kamis (4/1/2018) malam.

[Baca juga : Alarm Iqbaal Ramadhan Selama Sekolah di Amerika Serikat ]

Sebab, lanjutnya, Amerika adalah negara liberal atau bebas dan terbuka, berbeda dengan pola pikir sebagian besar warga Indonesia karena budaya yang juga beda.

"Kalau di Indonesia, ada masalah dan dengar sesuatu langsung, 'oh itu salah, ini salah'. Buat saya sekarang dengar sesuatu jadi lebih abu-abu, saya tahu dari sana, tahu dari sini," ucap Iqbaal.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun tak berarti pemain film 5 Elang ini menyerap begitu saja budaya Amerika. Iqbaal menegaskan, ia tetap akarnya sebagai orang Indonesia.

"Saya sekolah di luar negeri, yang baik-baiknya saya bawa ke sini. Saya coba bagi inspirasi buat generasi muda terutama buat fans saya. Karena saya percaya kalau saya baik, Insya Allah fans saya juga jadi ikut baik. Jadi selagi saya bisa memotivasi, menginspirasi, kenapa enggak," kata Iqbaal.

[Baca juga : Iqbaal Ramadhan Beri Kejutan untuk Wanita yang Paling Berjasa Baginya]



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X