Sinematografer Rachel Morrison Cetak Sejarah dalam Oscar 2018

Kompas.com - 24/01/2018, 17:06 WIB
Untuk kategori Best Cinematography, Morrison akan bersaing dengan Roger Deakins dari film Blade Runner 2049 serta Dan Lausten dari The Shape of Water. KOMPAS.com Untuk kategori Best Cinematography, Morrison akan bersaing dengan Roger Deakins dari film Blade Runner 2049 serta Dan Lausten dari The Shape of Water.

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Rachel Morrison telah mencetak sejarah dalam Academy Awards ke-90 tahun ini. Sebab, ia menjadi perempuan pertama yang menjadi nomine untuk kategori penata kamera atau sinematografer terbaik. Ini adalah berkat hasil karyanya dalam Mudbound.

Kategori Best Cinematography didominasi oleh sineas pria selama 89 kali perhelatan Academy Awards digelar.

"Meskipun sulit dipercaya bahwa butuh waktu lama untuk memecahkan plafon ini, saya benar-benar merasa terhormat dan gembira menerima penghormatan besar ini," kata Morrison menanggapi nominasi Oscar-nya.

"Saya harap nominasi ini bisa mendorong lebih banyak perempuan untuk meletakkan kamera di bahu mereka, atau mengikuti mimpinya tak peduli seberapa jauh tampilannya," tambahnya.

[Baca juga : The Shape of Water Dominasi Oscar 2018 dengan 13 Nominasi ]

Untuk kategori Best Cinematography, Morrison akan bersaing dengan Roger Deakins dari film Blade Runner 2049 serta Dan Lausten dari The Shape of Water.

Lalu, pesaing lainnya ada Bruno Delbonnel sinematografer Darkest Hour, dan Hoyte van Hoytema dari Dunkirk.

Beberapa pekan jelang pengumuman daftar nominasi Oscar 2018, Morrison terlebih dulu meraih kemenangan serta nominasi dari New York Film Critics Circle, Los Angeles Film Critics Association, dan Asosiasi Kritik Film Siaran.

[Baca juga : Mary J Blige Histeris Dapat Dua Nominasi Oscar 2018]


EditorBestari Kumala Dewi

Close Ads X