Black Panther Tumbangkan Mitos Hollywood

Kompas.com - 19/02/2018, 13:18 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Film pahlawan super Black Panther menunjukkan keunggulannya dengan menumbangkan sejumlah rekor film Hollywood.

Menurut penghitungan comScore, film karya sutradara Ryan Coogler itu diperkirakan akan mengumpulkan perolehan total 387 juta dollar AS atau kira-kira Rp 5,1 triliun dari pemutarannya sepanjang akhir minggu kemarin.

Black Panther juga menjadi film terlaris yang dibesut oleh sutradara berkulit hitam dan menampilkan sebagian besar pemain berkulit hitam.

Rekor sebelumnya dipegang oleh Straight Outta Compton, yang meraup total 214 juta dollar AS sepanjang masa putarnya di seluruh dunia pada 215.

Baca juga: Black Panther Kuasai Box Office AS Minggu Ini

Tak ada keraguan bahwa Black Panther, yang diproduksi oleh Disney-Marvel, akan mengguncang box office di Amerika. Namun, bagaimana penerimaan para penonton di luar Amerika terhadap Black Panther?

Selama ini, di Hollywood ada anggapan bahwa para penonton asing tidak tertarik pada film yang sebagian besar karakternya berkulit hitam. Akhirnya, para pembuat film di sana selalu takut untuk mengambil risiko.

Sampai akhirnya, Black Panther, dengan anggaran produksi 200 juta dollar AS, 30 persen lebih banyak dari Doctor Strange dan Ant-Man, mematahkan kekhawatiran itu.

Baca juga: Di Indonesia, Film Black Panther untuk Penonton 17 Tahun ke Atas

Meski kalah dari Fifty Shades di Jerman -- salah satu pasar yang penting, film yang dibintangi oleh Chadwick Boseman tersebut mampu meraup penjulan tiket yang tinggi di Inggris, Belgia, Ukraina, Korea Selatan, Meksiko, dan Brasil.

"Kami sangat senang dengan reaksi di seluruh dunia, terlebih lagi karena kami tidak menghadapi persaingan selama sebulan," kata Dave Hollis, Presiden Distribusi Disney.

Coogler, sang sutradara, kepada The Hollywood Reporter mengungkapkan pendapatnya tentang faktor di balik keberhasilan tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.