Kunto Aji Sempat Ditawari Bawakan Lagu Karya Pencipta Terkenal

Kompas.com - 22/02/2018, 13:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com--Setelah mengakhiri perjalanannya sebagai juara 4 Indonesian Idol 2008, penyanyi Kunto Aji rupanya sempat ditawari untuk membawakan sebuah lagu dari pencipta lagu terkenal. Namun, ia menolaknya. 

Awalnya, ia disodori lagu dari pencipta lagu terkenal yang dipilih oleh tim Indonesian Idol untuknya.

"Yang pertama saya cukup idealis dengan musik pada saat itu. Dan industri musiknya tidak mengakomodir musik yang saya mau pada waktu itu," ujarnya kepada Kompas.com di Studio Gold KompasTV, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (21/2/2018).

"Musik saya biasa saja tapi orang bilang berat, tapi sekarang kan orang bisa terima. Pada saat itu musik yang diterima yang mendayu-dayu, musik saya dianggap berat," imbuhnya.

[Baca juga : Berita Vicky Prasetyo-Angel Lelga Pun Bisa Jadi Nyanyian Merdu Kunto Aji ]

Sayangnya, Kunto Aji justru merasa tak nyaman dengan lagu tersebut.

"Diurusin sih sebenarnya diurusin, ada yang mencarikan label dan bikinin lagu, cuma saya enggak suka lagunya. Cuma lagu itu bukan cerita saya, saya enggak merasa diwakili oleh lagu itu," ungkapnya.

Teman seperjuangan Gisella Anastasia dan Aris Idol ini pun memilih untuk membuat karya sendiri.

"Saya mau bikin sendiri saja lagunya. Waktu itu kan saya siapa, sedangkan yang ngasih saya lagu itu pencipta lagu terkenal, mendingan pakai pencipta lagu terkenal daripada pakai lagu lo sendiri. Tapi lagu itu tidak mewakili saya," paparnya.

Akhirnya setelah 6 tahun vakum, karya Kunto Aji yang pertama dirilis yakni "Terlalu Lama Sendiri" berhasil merebut hati masyarakat.

"Pasar kan bisa diciptakan, itu yang akhirnya membuat saya mengeluarkan karya cukup lama sampai di tahun ke-6. Itupun saya mengeluarkan karya itu dengan biaya sendiri dan semuanya sendiri," katanya.

[Baca juga : Konon Katanya Ditulis Berdasarkan Cerita Pribadi Kunto Aji]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.