Tahun Ini, Oscar Tak Ikuti Tradisi

Kompas.com - 04/03/2018, 09:16 WIB
Aktris Jennifer Lawrence berpose di karpet merah pemutaran perdana Eropa untuk film Red Sparrow, di London, Inggris, pada 19 Februari 2018. AFP PHOTOAktris Jennifer Lawrence berpose di karpet merah pemutaran perdana Eropa untuk film Red Sparrow, di London, Inggris, pada 19 Februari 2018.
Editor Kistyarini

KOMPAS.com - Academy Awards 2018, yang digelar pada Minggu (4/3/2018) waktu Los Angeles, akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Penyelenggara Academy Awards, Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), memilih empat  aktris untuk menyerahkan dua Oscar bagi pemeran utama baik pria maupun wanita.

Jennifer Lawrence dan Jodie Foster didapuk untuk mengumumkan Piala Oscar untuk pemeran utama wanita terbaik, seperti dilansir Variety.

Sementara itu Jane Fonda dan Helen Mirren bertugas mengumumkan pemenang Oscar untuk pemeran utama pria terbaik.

Biasannya, yang membacakan nominasi dan pemenang aktris pemeran utama terbaik adalah pemenang Best Actor tahun sebelumnya dan sebaliknya.

Namun pada Januari 2018 lalu, peraih Oscar untuk Best Actor 2017, Casey Affleck, mengundurkan diri dari tugas tersebut.

Hal itu disebut untuk menghindari kontroversi karena pada 2010 Affleck pernah menghadapi tuntutan terkait pelecehan seksual terhadap produser dan sinematografer filmnya, I'm Still Here.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tindakan AMPAS memilih para aktris untuk mengumumkan pemenang pemeran utama terbaik ini sejalan dengan gerakan #MeToo dan Time's Up.
 
Sebagai informasi, #MeToo dan Time's Up merupakan gerakan melawan pelecehan seksual, bias gender, penyalahgunaan kekuasaan, dan diskriminasi di berbagai bidang.
 
Gerakan ini muncul setelah beberapa artis mengaku mengalami pelecehan bahkan kekerasan seksual oleh produser, sutradara, atau sesama aktor.
 
Pada Golden Globes 2018 yang digelar pada Januari 2018 lalu, para artis film menyuarakan kampanye Time's Up dan #MeToo dengan mengenakan gaun hitam. Beberapa di antara mereka, termasuk Meryl Streep, menggandeng aktivis gerakan antidiskriminasi.
 
Sementara itu, penyelenggara Oscar juga telah mengumumkan para artis yang akan membacakan nominasi dan mengumumkan pemenang Oscar.
 
Di antara mereka adalah Chadwick Boseman, Gal Gadot, Dave Chappelle, Mark Hamill, dan Daniela Vega. Penunjukan Vega menyita perhatian karena dia merupakan aktris transgender pertama yang menjadi presenter Oscar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Variety
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.