Kena Tuduhan Pelecehan Seksual, Konduktor Legendaris Dipecat - Kompas.com

Kena Tuduhan Pelecehan Seksual, Konduktor Legendaris Dipecat

Kompas.com - 13/03/2018, 19:30 WIB
IlustrasiThinkstockphotos.com Ilustrasi

NEW YORK, KOMPAS.com -- Pihak Metropolitan Opera atau Met Opera di New York, AS, memecat konduktor legendaris James Levine, setelah penyelidikan memperoleh "bukti tepercaya" yang mendukung tuduhan bahwa Levine melakukan pelecehan dan penyerangan seksual.

"Penyelidikan tersebut... memperoleh bukti tepercaya bahwa Levine melakukan pelecehan dan penyerangan seksual terhadap artis yang rentan pada tahap awal karier mereka yang berada di bawah wewenang Levine," kata pihak Met Opera dalam pernyataannya pada Senin (12/3/2018) waktu New York.

Pihak itu mengatakan bahwa pelecehan tersebut terjadi baik sebelum maupun selama karier Levine pada perusahaan opera itu.

Baca juga: Jo Min Ki Meninggal, Kasus Pelecehan Seksual Kemungkinan Ditutup

Pihak Met Opera tidak memberi rincian tentang penyelidikan yang dipimpin oleh mantan jaksa AS Robert J Cleary.

Agensi yang mewakili Levine belum berkomentar.

Namun, Levine, yang berusia 74 tahun, menyangkal melakukan pelecehan seksual terhadap siapa pun ketika tuduhan tersebut untuk kali pertama muncul pada Desember 2017 dan pihak Met Opera memberhentikannya untuk sementara.

Baca juga: Dua Penyiar Terkenal AS Dipecat Karena Tuduhan Pelecehan Seksual

The New York Post ketika itu melaporkan bahwa Levine melakukan pelecehan terhadap seorang anak laki-laki berusia 15 pada 1985, ketika Levine menjadi konduktor dalam festival musik musim panas di dekat Chicago, Illinois, AS.

Menurut The New York Post, korban yang tidak disebut namanya itu mengatakan kepada polisi pertemuannya dengan Levine "hampir menghancurkan keluarga dan hampir membuat saya bunuh diri."

The New York Times juga melaporkan pada Desember 2017 bahwa dua orang laki-laki lain menuduh Levine melakukan pelecehan seksual terhadap mereka ketika mereka masih remaja.

Satu kasus terjadi pada 1968 dan satu lagi pada 1986.

Baca juga: Gugatan Pelecehan Seksual atas Park Yoo-chun Dicabut

Levine dikenal dengan tubuhnya yang gempal dan rambut keriting yang tak terurus, menjadi citra Met Opera selama beberapa dekade.

Dia tahun lalu pensiun sebagai direktur musik Met Opera karena masalah kesehatan, tetapi tetap menjadi bagian dari Met Opera sebagai direktur musik kehormatan.

Levine sesekali masih melakukan pertunjukan. Ia sedang bersiap untuk melakukan produksi baru Met Opera, Tosca, ketika diberhentikan sementara pada Desember 2017.


Komentar
Close Ads X