Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas Sakit Ruben Onsu

Kompas.com - 27/03/2018, 07:54 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Awal Januari 2018 lalu, presenter dan artis komedi Ruben Onsu dirawat di Rumah Sakit Umum Bunda, Menteng, Jakarta Pusat, selama empat hari. Suami penyanyi Sarwendah itu jatuh sakit seusai berlibur ke Jepang.

Menurut dokter yang menanganinya, Ruben mengalami keletihan. Bagaimana tidak, saat tiba di Indonesia, Ruben langsung lanjut melakukan shooting untuk program bincang-bincang di stasiun televisi.

Padahal, sebelumnya selama 10 hari di Jepang ia sudah merasa tak enak badan karena faktor cuaca dan makanan. Ditambah penyakit asma yang saat itu baru ia ketahui.

"Ambruk pada hari kedua selesai live yang siang. Saat itu napas sudah sedikit. Saya jalan sama Ayu (Ting Ting), saya tinggalin Ayu, saya cari napas, sampai di mobil kok napas saya pendek. Telepon Wendah dan saya langsung lari ke rumah sakit," kata Ruben saat ditemui di RSU Bunda, Sabtu (13/1/2017).

Kondisinya berangsur membaik, tetapi Ruben tak mau meremehkan penyakitnya. Ayah satu anak itu pun menjalani tes kesehatan secarah menyeluruh, termasuk mengecek ada tidaknya sel kanker dalam tubuhnya.

"Mendingan cek semuanya. Namanya check up, kan, cek semua badan," kata sang istri, Sarwendah, di JW Marriott Hotel, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (4/3/2018).

Dari hasil cek kesehatan tersebut, tidak ada penyakit membahayakan yang diidap Ruben, hanya kekurangan protein. Meski begitu, Sarwendah tetap menjadwalkan sang suami melakukan cek kesehatan setiap bulan.

"Aku sekarang rutinin dia sebulan sekali harus check up karena aktivitas dia yang sangat padat. Aku enggak mau dia sampai sakit, kekurangan makanan, so far dia aman, kok," kata Sarwendah.

Kurangi pekerjaan

Setelah jatuh sakit hingga harus diopname, Ruben mulai mengurangi kesibukan. Ia membatasi jam kerjanya yang semula bisa sampai dini hari menjadi hanya sampai pukul 21.00 WIB.

Artinya, Ruben mau tak mau merelakan beberapa program televisi yang ia pandu.

"Enggak ngambil acara malam lagi. Sehari saya bisa 5-6 program, sekarang hanya 4-5 program aja," ucap Ruben.

Tak hanya itu, ia juga berencana melowongkan waktu untuk berolahraga. Kala itu Ruben menjadwalkan diri berolah tubuh setiap pagi sebelum berangkat kerja.

"Jam delapan atau sembilan pagi harus olahraga. Saya akui memang selama empat tahun ini enggak pernah olahraga bahkan berenang enggak ada. Jadi harus pintar-pintar saya mengatur pola," kata Ruben.

Berat badan turun

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com