Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendapat Anji soal Lagu Baru EXO-CBX Mirip dengan Karyanya

Kompas.com - 31/03/2018, 10:21 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ramai diperbincangkan di media sosial bahwa lagu terbaru dari boyband asal Korea Selatan disebut menjiplak karya dari penyanyi Erdian Aji Prihartanto alias Anji (38).

Lagu terbaru yang dipunggawai oleh Xiumin, Baekhyun, dan Chen yang berjudul "Someone Like You" disebut memiliki kemiripan dengan lagu Anji, yakni "Kekasih Terhebat" yang dirilis pada 2011 lalu.

Berkaitan dengan hal itu, Anji memberikan penjelesan tentang polemik tersebut dalam akun Instagram-nya, @duniamanji, yang dikutip Kompas.com pada Sabtu (31/3/2018).

 

• [video] LAGU EXO mirip ANJI. Fans KPop atau EXO jangan emosi dulu. Baca ya. . Beberapa hari belakangan ini isu plagiat agak kencang dibahas, karena ada lagu Indonesia dibilang mirip sama lagu Korea. Yang kenceng mempermasalahkan adalah orang Indonesia yang suka lagu Korea. . Sekarang saya bertanya.. Kalau ada lagu Korea mirip dengan lagu saya yang orang Indonesia, apakah fans lagu Korea di Indonesia akan bilang ini plagiat? . Saya bukan nge-judge. Karena setahu saya, dan sepengalaman saya sebagai Musisi, kadang kami menulis lagu yang ternyata ada kemiripan dengan lagu lain. . Coba tuliskan pendapatmu tentang hal ini. . . Oh iya, ini lagu KEKASIH TERHEBAT yang saya nyanyikan dalam versi Bahasa Mandarin, feat @mingbridges . . #TuliskanPendapatmu #TanpaPerluMarah

A post shared by Anji MANJI (@duniamanji) on Mar 29, 2018 at 8:55pm PDT

"LAGU EXO mirip ANJI. Fans KPop atau EXO jangan emosi dulu. Baca ya. Beberapa hari belakangan ini isu plagiat agak kencang dibahas, karena ada lagu Indonesia dibilang mirip sama lagu Korea. Yang kenceng mempermasalahkan adalah orang Indonesia yang suka lagu Korea," ujar Anji.

[Baca juga : Ternyata Anji Manji Pernah Ikut Audisi Indonesian Idol 2004]

"Sekarang saya bertanya.. Kalau ada lagu Korea mirip dengan lagu saya yang orang Indonesia, apakah fans lagu Korea di Indonesia akan bilang ini plagiat?" sambungnya.

"Saya bukan nge-judge. Karena setahu saya, dan sepengalaman saya sebagai Musisi, kadang kami menulis lagu yang ternyata ada kemiripan dengan lagu lain," tambah dia.

Dalam unggahan video itu, Anji memperdengarkan lagu "Someone Like You" yang merupakan tema lagu untuk serial drama Live.

Kemudian, lagu tersambung dengan lagu "Kekasih Terhebat", yang merupakan kolaborasi Anji bersama Ming Bridges dengan versi Mandarin-Indonesia pada tahun 2016. Sepintas, irama bagian awal lagu tersebut memang mirip.

Upaya Anji memberikan penjelasan itu menuai kontroversi. Penggemar EXO-CBX mempertanyakan maksud Anji mengunggah hal tersebut. Di sisi lain, ada pula yang mendukung Anji terkait penjelasannya.

[Baca juga : Berkat Dia, Anji Dapat 7 Platinum]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com