Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Anji Pertanyakan Lagu Baru EXO-CBX yang Mirip dengan Karyanya

Kompas.com - 31/03/2018, 12:25 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Erdian Aji Prihartanto alias Anji (38) menjelaskan motifnya mempertanyakan kemiripan lagu baru boyband asal Korea Selatan, EXO-CBX, dengan karyanya lewat media sosial.

Lagu terbaru EXO-CBX yang berjudul "Someone Like You" dirilis pada 24 Maret 2018 untuk tema lagu serial drama Live disebut memiliki kemiripan dengan lagu Anji yang berjudul "Kekasih Terhebat", dirilis Anji pada 2011 lalu.

"Di posting-an itu saya bilang, coba nih kalau ada lagu (ciptaan musisi Indonesia) mirip dengan lagu luar, lagu Korea misalnya, itu musisi Indonesia dikata-katain," ujar Anji saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (31/3/2018).

"Nah, ini ada lagu Korea mirip dengan lagu saya. Menurut kalian bagaimana? Saya bukan bilang ini plagiat. Tapi, saya justru bilang bahwa apakah ini plagiat? Saya mau tanya objektifitas mereka," sambungnya.

[Baca juga : Pendapat Anji soal Lagu Baru EXO-CBX Mirip dengan Karyanya]

Anji mengaku hanya ingin menanyai pendapat mereka. Namun yang terjadi setelah mengunggah hal itu, dirinya justru dihujani komentar negatif.

"Dan ternyata impact-nya, saya dikata-katain. Oke sih kalau cuma, fans yang marah-marah, ya sudah lah. Tapi, ini kebangetan marahnya sampai sumpahin mati," kata Anji.

Menurut Anji, pola pikir penggemar EXO-CBX di Indonesia harus diubah. Mereka harus mengerti, bahwa bukanlah hal yang pantas mencaci maki orang lain lewat media sosial.

Apalagi dari hasil penelusuran Anji pada akun yang mencacinya, rata-rata mereka masih di bawah umur.

"Saya rasa mereka perlu diedukasi. Mereka tidak boleh melakukan itu di media sosial kepada siapapun. Mereka menyerang-nyerang, sampai menyumpahi mati. Kebiasaan hal seperti itu bahaya. Harus diubah," ujarnya.

[Baca juga : Anji: Pelaku Perundungan Sangat Jahat]

Karena komentar buruk yang semakin tak terkendali, Anji pun berencana akan mempertanyakan kemiripan lagu itu kepada manajemen EXO-CBX.

"Sebenarnya saya sih biasa aja. Maksudnya cuma pengin mengedukasi. Saya cuma pengin tanya, 'Ayo, mirip atau enggak?' Cuma kalau seperti ini, saya akan menghubungi SM Entertaiment deh," ujarnya.

EXO-CBX merupakan sub-unit resmi pertama dari boyband EXO, dibentuk pada 2012. EXO-CBX yang berada di bawah naungan SM Entertainment dan terbentuk pada 2016 itu beranggotakan Xiumin, Baekhyun, dan Chen.

[Baca juga : Berkat Dia, Anji Dapat 7 Platinum]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com