Seohyun SNSD Berkisah tentang Perjalanannya ke Korea Utara

Kompas.com - 05/04/2018, 15:24 WIB
Member girl band SNSD atau Girls Generation Seohyun menghadiri acara The 16th Annual Unforgettable Gala yang digelar di The Beverly Hilton Hotel, Beverly Hills, California, pada 9 Desember 2017. Christopher Polk/Getty Images/AFPMember girl band SNSD atau Girls Generation Seohyun menghadiri acara The 16th Annual Unforgettable Gala yang digelar di The Beverly Hilton Hotel, Beverly Hills, California, pada 9 Desember 2017.

SEOUL, KOMPAS.com -- Salah seorang member dari girlband Korea Selatan Girls' Generation atau SNSD, Seohyun (26), baru-baru ini menceritakan pengalaman perjalanannya ke Korea Utara untuk tampil dalam dua konser di Pyongyang, ibu kota negara tersebut.

Konser pertama digelar pada 1 April 2018 di East Pyongyang Grand Theater dan konser kedua pada 3 April 2018 di Ryugyong Jong Ju Yong Gymnasium. Dalam dua konser tersebut, selain menyanyi, ia juga menjadi pembawa acara.

Sejumlah artis musik lain dari Korea Selatan yang juga manggung dalam konser-konser itu adalah Cho Yong Pil, Lee Sun Hee, Yoon Do Hyun, Baek Ji Young, Jung In, Ali, dan Red Velvet.

Baca juga: Tampil bareng Band Korut, Seohyun SNSD Ditelepon Presiden Korsel

"Saya merasa terhormat bisa disebut sebagai ikon pertukaran budaya antara Korea Selatan dengan Korea Utara. Saya akan merasa lebih dari bahagia untuk menjadi bagian dari pertukaran yang damai pada masa mendatang antar dua negara jika saya diberi kesempatan," tuturnya.

"Saya pikir, semua penampil berharap konser-konser ini bisa menjadi batu loncatan untuk hubungan yang lebih baik bagi Korea Utara dengan Korea Selatan. Saya merasa bahwa para penampil dari Korea Utara merasakan hal yang sama," tuturnya pula.

Dalam konser-konser tersebut Seohyun mempersembahkan lagu "Blue Willow Tree", yang aslinya dinyanyikan oleh vokalis Korea Utara Kim Kwang Sook.

Baca juga: Seohyun SNSD Mendadak Nyanyi Bareng Penyanyi-penyanyi Korea Utara

Ketika ditanya tentang respons yang diterimanya atas penampilannya, Seohyun meminta maaf karena kondisi kesehatannya sedang tidak baik ketika itu.

"Saya demam dan tenggorokan saya sakit. Saya sangat menyesal dan sedih tidak dalam kondisi terbaik saya di panggung," ucapnya.

"Meski begitu, para penonton menghujani saya dengan tepuk tangan dan sorak sorai yang hangat dan itu memberi kekuatan bagi saya untuk menyelesaikan penampilan saya. Saya tersentuh oleh dukungan mereka," ucapnya juga.

Baca juga: Berkat Gee, Girls Generation Tancapkan Lagi Tonggak Pencapaian

Seohyun juga berkisah tentang reuninya dengan vokalis Korea Utara Hyon Song Wol, yang tampil bersamanya sebulan lebih lalu dalam (konser) Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018, Korea Selatan.

"Ia (Hyon Song Wol) sangat khawatir akan kesehatan saya selama penampilan itu dan ia berbagi kata-kata ramah tamah dengan saya. Setelah konser itu, ia berterima kasih atas penampilan saya dan saya sebagai seorang pembawa acara yang baik," ujarnya.

Baca juga: EXO di Olimpiade PyeongChang, Tagar #Olympics_EXO Rajai Twitter

Seohyun menegaskan bahwa ia mendapat banyak pelajaran dari konser itu.

"Merupakan kehormatan besar menjadi bagian dari sebuah tim dengan penyanyi-penyanyi hebat dan menonton mereka tampil. Saya merasa seperti saya telah belajar banyak selama perjalanan ini," katanya.



Sumber soompi.com
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X