Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perintis Studio Ghibli Isao Takahata Meninggal

Kompas.com - 06/04/2018, 10:23 WIB
Rizky Chandra Septania,
Kistyarini

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabar duka datang dari Jepang. Salah satu sutradara sekaligus pendiri studio animasi Ghibli, Isao Takahata, meninggal dunia di usia 82 tahun.

Seperti dilaporkan Comicbook, Jumat (5/4/2018), Takahata meninggal karena sakit. Takahata mengidap penyakit jantung dan kondisinya semakin memburuk sejak musim panas tahun lalu.

Pria tersebut meninggal di rumahnya, dikelilingi oleh orang-orang tercinta. Belum ada kabar kapan dan dimana Takahata akan dimakamkan.

Takahata yang akrab disapa Paku-san ini merupakan salah satu tokoh di balik sejumlah animasi fenomenal yang dibuat oleh Studio Ghibli.

Ia merupakan mahasiswa jurusan Sastra Perancis dari Universitas Tokyo yang lulus tahun 1959. Katertarikannya pada animasi muncul setelah ia melihat kartun dari Perancis berjudul The King and Mockingbird.

Saat kuliah, ia menjadi pekerja magang di studio animasi Toei dan dimentori oleh Yatsuo Otsuka. Di sanalah ia bertemu dengan Hayao Miyazaki. Pada 1985, Takahata dan Miyazaki merintis Studio Ghibli.

Saat bekerja untuk Ghibli, Takahata dan Miyazaki menciptakan sejumlah film animasi. Bahkan salah satu filmnya yakni Grave of Fireflies mendapat pujian.

Baca juga : Sherina Munaf Tak Pernah Lupa akan Kenangan Studio Ghibli

Selain Grave of Fireflies, Takahata juga terlibat  dalam pembuatan film Kiki's Delivery Service, The Tale of Princess Kaguya, dan The Red Turtle. Sedangkan serial animasi yang pernah ia tangani adalah Gegege no Kitaro, Lupin III dan banyak lagi.

Belakangan ini, Takahata memilih untuk tidak terlibat langsung dalam pembuatan film animasi. Namun semangat dan inspirasinya sebagai seorang animator yang visioner masih membara di hati penggemarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com