Wapres Jusuf Kalla Beri Penghargaan WIPO pada Dwiki Dharmawan

Kompas.com - 30/04/2018, 22:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com-- Artis musik Dwiki Dharmawan baru saja menerima penghargaan WIPO Gold Medal For Creativity.

Penghargaan dari WIPO (World Intellectual Property Organization) tersebut diserahkan secara langsung oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla.

Penghargaan itu diberikan oleh JK bertepatan dengan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia ke-18 yang jatuh pada tanggal 26 April di Istana Wakil Presiden.

Penghargaan diberikan kepada musisi asal Bandung itu atas dedikasi dan kiprahnya selama 35 tahun bagi industri musik Tanah Air.

Seperti diketahui, Dwiki giat mengangkat kekuatan musik tradisional nusantara dan sudah melakukan pementasan di lebih dari 70 negara.

[Baca juga : Dwiki Dharmawan Ajak Musisi Lintas Generasi dalam Konser Kebangsaan ]

"Penghargaan ini bukan semata-mata untuk saya. Tetapi untuk semua teman-teman saya di seluruh Indonesia yang telah bergiat dan berjuang di jalur seni musik, serta berjuang dalam kekayaan intelektual," kata Dwiki dalam ketetangan tertulisnya, Senin (30/4/2018).

Selain Dwiki, penghargaan WIPO juga diberikan kepada beberapa insan antara lain WIPO Gold Medal For Innovation kepada Raymond Rubianto, WIPO IP Enterprise Trophy untuk PT Pertamina serta WIPO School For Children kepada Muhammad Faried Hussain.

Kegiatan tahunan ini dilaksanakan guna wujudkan Indonesia sebagai produsen, promotor, maupun eksportir dari produk yang berbasis kekayaan intelektual.

Jusuf Kalla menyampaikan, perlunya peningkatan pada inovasi teknologi terapan agar hasilnya dapat diapresiasi secara komersil. Hal itu untuk mendongkrak posisi saing tanah air di kancah global.

"Demi mengejar hal tersebut perlu banyak upaya. Caranya melalui peningkatan sumber daya manusia, anggaran dan fasilitas riset yang memadai untuk mendorong terciptanya inovasi yang dapat diaplikasikan," kata Jusuf Kalla.

[Baca juga : Addie MS, Dwiki Dharmawan, dan Dipha Barus tentang Hari Musik Nasional]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.