Tio Pakusadewo Tak Bisa Sembunyikan Kekecewaan Usai Dituntut 6 Tahun Penjara

Kompas.com - 04/06/2018, 17:14 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Jaksa penuntut umum (JPU) menuntut enam tahun penjara terhadap terdakwa Tio Pakusadewo atas kasus penyalahgunaan narkoba.

Tuntutan itu dibacakan oleh Jaksa Yaman dalam sidang pembacaan tuntutan terhadap Tio di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Ampera Raya (4/6/2018).

Tio yang duduk di kursi terdakwa tak dapat menyembunyikan wajahnya yang penuh rasa kecewa. Dengan kedua tangan yang diborgol dan dikawal petugas, Tio kemudian bergegas kembali ke ruang tahanan sementara PN Jaksel.

Berbeda dengan sidang-sidang sebelumnya. Tio yang biasa meladeni para peliput untuk melakukan wawancara usai sidang, kali ini dia enggan mengucapkan sepatah kata pun.

Sementara itu, sanak keluarga yang hadir terlihat menangis dan berkaca-kaca mendengar pemain film Surat dari Praha itu dituntut enam tahun penjara.

Baca juga: Tio Pakusadewo Dituntut Enam Tahun Penjara

Adapun pada sidang pembacaan tuntutan hari ini, Tio dituntut enam tahun penjara dengan dikurangi masa tahanan dan juga denda sedikitnya Rp 800 juta. Tio dijerat Pasal 112 ayat 1 subsider Pasal 127 ayat 1 Undang Undang Narkotika.

Dalam putusan, itu jaksa mempertimbangkan dua hal. Yang memberatkan karena Tio tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas narkoba. Sementara yang meringankan adalah Tio tidak pernah dihukum pidana dan mengakui perbuatannya.

Atas tuntutan itu, Tio melalui penasihat hukumnya akan mengajukan pledoi atau pembelaan. Sidang akan digelar pada Kamis 7 Juni 2018.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.