Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shooting dengan Bahasa Isyarat, Armand Maulana Gugup Sampai Keringatan

Kompas.com - 07/06/2018, 11:59 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Ati Kamil

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis band GIGI Armand Maulana (47) menjadi salah satu dari 33 artis musik yang dilibatkan dalam lagu "Cahaya dalam Sunyi".

Armand bercerita bahwa ia gugup sampai keringatan menjalani shooting klip video lagu tersebut, karena sebelumnya tidak tahu bahwa klip video itu akan menggunakan bahasa isyarat.

"Nah, itu dia. Kalau Andien kan dari pertama sudah tahu ada pembuatan video clip dengan bahasa isyarat. Kalau gue, enggak dikasih tahu sama sekali," ucap Armand ketika ditemui usai jumpa pers peluncuran klip video lagu "Cahaya dalam Sunyi" di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (6/6/2018).

Baca juga: Menyanyikan Cahaya Dalam Sunyi, Hati Andien Bergetar

Armand pun terkejut ketika diminta belajar bahasa isyarat dalam waktu singkat.

"Tahu-tahu, pas selesai rekaman, enggak boleh pulang karena ada shooting bahasa isyarat, Kaget juga gue," ceritanya.

"Kelihatannya 'kan gerakannya itu cuma begitu doang. Tapi, pas shooting, lumayan cukup memakan waktu sih, sampai 15-20 menit, cukup keringetan juga," lanjutnya.

Baca juga: Armand Maulana Tunggu Waktu Tepat untuk Luncurkan Album Solo

Lagu "Cahaya dalan Sunyi" dicipta oleh Archie Wirija bersama Rilla Lusiana.

Lagu itu disajikan bagi para penyandang tunarungu supaya bisa merasakan makna dan suasana menyambut Idul Fitri dengan mengumandangkan takbir. Oleh karena itu, bahasa isyarat digunakan untuk klip video lagu tersebut.

Baca juga: Akan Ada Edisi Khusus Dilan 1990 untuk Penyandang Tunarungu

Menurut Armand Maulana, bahasa isyarat harus dilakukan dengan mimik wajah yang tepat dalam klip video itu, agar para penyandang tunarungu bisa menerima pesan yang ingin disampaikan lagu tersebut.

"Karena ini kan bahasa isyarat ya. Kalau ekspresinya tidak tepat, nanti teman-teman yang tuli tidak mengerti dong maksud dari lagu yang ingin kita sampaikan. Ya, saya peragain yang bagian bait saya dan Allahu Akbar," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com