Nissa, Sabyan Gambus dan Kerinduan Spiritual

Kompas.com - 07/06/2018, 12:42 WIB
Sabyan Gambus saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (5/6/2018). Kompas.com/Ira GitaSabyan Gambus saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (5/6/2018).

DI AWAL Ramadhan, saya diperkenalkan dengan lagu "Deen Assalam" yang dinyanyikan Khoirunissa, yang biasa disapa Nissa. Ini lagu dinyanyikan ulang (cover), yang sebelumnya dibawakan Sulaeman Al Mughny.

Namun, lagu yang dibawakan Nissa bersama tim Sabyan Gambus memiliki corak yang berbeda. Inilah yang membuat lagu ini langsung akrab di telinga dan sering diputar berulang kali. Seperti tak ada ujungnya, mendengar lagu ini berulang-ulang.

"Deen Assalam" yang dinyanyikan ulang ini, seperti juga lagu-lagu lainnya yang dibawakan Nissa bersama tim Sabyan Gambus. Tak butuh waktu yang lama. Lagu "Deen Assalam", seperti juga lagu-lagu cover yang dibawakan Nissa bersama tim Sabyan Gambus, mendapat sambutan publik setelah dipublikasikan di channel Youtube pada 17 Mei 2018.

Baca juga: Sabyan Gambus Tak Menyangka Video Musiknya Ditonton Ratusan Juta Kali

Pada pertengahan Ramadhan, 30 Mei, pukul 20.00 WIB lagu "Deen Assalam" telah ditonton 30 juta kali. Lagu ini menjadi trending setelah tayang di Youtube, dengan rata-rata ditonton 1,8 juta kali, kemudian naik di atas 2 juta per hari.

Menyusul lagu "Ya Maulana", dipublikasikan 23 Mei bertepatan dengan ulang tahun Nissa ke-19, langsung menjadi trending nomor 1 di Youtube. Lagu ini rata-rata ditonton 1,5 juta kali per hari, hingga 30 Mei.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lagu "Deen Assalam" dan "Ya Maulana" yang dipublikasikan Official Sabyan Gambus di channel Youtube telah menghiasi bulan Ramadhan dan menarik perhatian banyak kalangan. Sebelumnya, pada 25 Desember 2017, Sabyan Gambus mempublikasikan lagu "Ya Habibal Qolbi".

Hingga 30 Mei 2018, lagu "Ya Habibal Qolbi" telah ditonton 117.697.301 kali. Demikian halnya dengan lagu-lagu shalawat lainnya yang dibawakan Sabyan Gambus.

Tidak hanya trending di Youtube. Sabyan Gambus telah di-Subscribe sebanyak 1,7 juta. Angka ini telah melewati artis dan selebritis di Indonesia.

Baca juga: Mengenal Nissa, Vokalis Sabyan Gambus yang Lulusan Ototronik

Nissa menjadi idola dan Sabyan Gambus menjadi populer di media sosial. Nissa, vokalis Sabyan sebagai ikon, dipadu dengan musik Islami dengan lagu shalawat nabi. Tidak hanya mengandalkan suara yang merdu, lagu-lagu yang dinyanyikan memang enak didengar.

Apa yang menjadi magnet bagi pendengar lagu-lagu Nissa dan Sabyan Gambus? Jawabannya adalah kerinduan spiritual.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X