Joko Anwar Anggap Mendiang Tino Saroengallo sebagai Guru Besar Perfilman Indonesia

Kompas.com - 27/07/2018, 13:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara Joko Anwar mengatakan bahwa mendiang aktor dan produser senior Tino Saroengallo layaknya seorang guru besar bagi sineas Tanah Air.

Tino meninggal dunia pada usia 60 tahun, Jumat (27/7/2018), karena kanker kandung kemih.

"Bisa dibilang Bang Tino itu Guru Besar Perfilman Indonesia sekarang," kata Joko kepada Kompas.com saat dihubungi melalui telepon, Jumat siang.

Menurut Joko, banyak pelaku industri film yang berguru pada Tino. Memulai kariernya di dunia televisi, Tino dikenal banyak berkecimpung dalam produksi film baik lokal maupun mancanegara.

Baca juga: Aktor dan Sutradara Senior Tino Saroengallo Meninggal Dunia

Di antaranya Victory (1995), Pasir Berbisik (2001), Ca Bau Kan (2002), The Fall (2006), Eat Pray Love (2010), dan Sang Penari (2011).

Tino semasa hidup juga pernah terlibat sebagai pemain dal film Petualangan Sherina (2000), Arisan (2003), Pintu Terlarang (2009), dan Night Bus (2016).

"Bang Tino itu guru semua orang. Banyak banget orang film Indonesia yang belajarnya dari Bang Tino. Dia banyak ngajari kita, ngajari produksi yang baik gimana," ujar Joko.

Ia pun teringat satu pesan yang pernah disampaikan mendiang Tino kepadanya dulu.

"Dia pernah bilang ke saya kalau bikin film yang jujur. Dan benar, bikin film ya harus jujur karena ingin mengatakan sesuatu (lewat film), bukan karena gaya-gayaan atau karena uang. Itu yang saya ingat," ujar Joko.

Saat ini jenazah Tino disemayamkan di rumah duka di Komplek Bintaro Paradis Nomor 6, Jalan Bintaro Puspita Raya, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Rencananya Tino akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir setelah ashar.

Baca juga: Joko Anwar Gantikan Hanung Bramantyo sebagai Sutradara Gundala

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.