Vino G Bastian Jadi Duta Kampanye Anti-pembajakan Film

Kompas.com - 07/08/2018, 17:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Vino G Bastian didapuk menjadi duta anti-pembajakan film dari kampanye yang diinisiasi oleh Asosiasi Produser Film Indonesia (APROFI), Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Cinema XXI, CGV dan Cinemaxx.

Dalam jumpa pers peluncuran Kampanye Anti-pembajakan Film yang dilaksanakan di XXI Plaza Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (7/8/2018), Vino mengatakan bahwa film yang dibintanginya pernah mengalami pembajakan.

"Seneng banget saya bisa jadi duta anti-pembajakan karena buat saya, gemes juga ya ngomongin soal pembajakan. Berkali-kali juga film saya mengalami pembajakan di streaming," kata Vino.

Baca juga: Vino G Bastian: Agustus Bulan Perayaan Wiro Sableng

"Dulu waktu ayah saya nulis buku juga, sempet saya dengar ceritanya, bukunya juga dibajak. Jadi memang kali ini kesempatan bagi saya bisa bersuara lebih keras lagi," sambungnya.

Menurut suami aktris Marsha Timothy itu, pembajakan tidak hanya merugikan pihak produser sebagai pembuat film, tapi juga merugikan para aktor yang terlibat.

"Buat saya, saya sebagai aktor di sini, hanya mewakili dari teman-teman, ratusan bahkan ribuan aktor film yang ada dibalik sebuah film, bahwa pembajakan itu bukan hanya merugikan industrinya sendiri tapi juga merugikan aktornya," ujar Vino.

Vino menyadari bahwa pemberantasan pembajakan film ini harus dilakukan semua pihak termasuk masyarakat sebagai penikmat film.

"Memberantas pembajakan itu sebenarnya harus dilakukan semuanya, Bekraf, pihak pemerintah, pihak bioskop, produser pun sudah memiliki caranya sendiri, dan kita semua," imbuhnya.

Selain Vino, aktor Fariz Alfarazi dan Jessica Veranda turut menjadi duta kampanye anti-pembajakan film.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.